facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

KMP Sultan Murhim II Diluncurkan di Makassar, Akan Layani Warga Wakatobi

Muhammad Yunus Kamis, 02 Desember 2021 | 13:15 WIB

KMP Sultan Murhim II Diluncurkan di Makassar, Akan Layani Warga Wakatobi
Kementerian Perhubungan RI meresmikan Kapal Penyeberangan Penumpang Roro 500 GT Lintas Kaledupa - Tomia - Binongko (Wakatobi) KMP Sultan Murhum II di PT. IKI Makassar, Kamis 1 Desember 2021 [SuaraSulsel.id/Istimewa]

Kementerian Perhubungan RI meresmikan Kapal Penyeberangan Penumpang Roro 500 GT

SuaraSulsel.id - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman bersama Sekretaris Direktur (Sesditjen) Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI, Marta Hadisarwono, meresmikan Kapal Penyeberangan Penumpang Roro 500 GT Lintas Kaledupa - Tomia - Binongko (Wakatobi) KMP Sultan Murhum II di PT. IKI, Makassar 1 Desember 2021.

Kapal penumpang yang bisa memuat sekitar 265 penumpang itu dibuat melalui APBN pada Direktorat Transportasi Sungai, Danau dan Penyebrangan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Dimana penyedia jasa dari PT. Industri Kapal Indonesia (IKI).

Andi Sudirman menyampaikan, bahwa Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan RI memberikan perhatian untuk Sulsel. Tahun 2021 ini, Kemenhub menghadirkan layanan Teman Bus dan KMP Takabonerate Kapal Penumpang Ferry Ro-Ro 500 GT Lintas Kabupaten Selayar.

"Alhamdulillah, KMP Takabonerate sangat diminati masyarakat. Sama halnya dengan hadirnya Teman Bus. Artinya, ini betul-betul sangat dinikmati dan dibutuhkan masyarakat. Hal ini pun sebagai bukti kenyamanan yang diberikan kementerian perhubungan kepada masyarakat Sulawesi Selatan," tuturnya.

Baca Juga: Teliti Aksi Unjuk Rasa Anarkis di Makassar, Anggota Brimob Dapat Gelar Doktor

Dengan hadirnya fasilitas bus dan kapal itu, kata dia, akan memberikan kemudahan untuk mobilitas penduduk dan mengangkut barang. Serta memudahkan pengangkutan kendaraan dengan hadirnya layanan kapal penyebrangan, khususnya di wilayah kepulauan.

"Jika perlu diduplikasi lebih banyak (layanan bus). Tidak menutup kemungkinan nanti ada lagi Teman Bus yang ke daerah-daerah sehingga lahirlah nanti seperti Trans Sulsel, supaya bisa menghemat biaya biaya, memudahkan mobilitas penduduk ke daerah-daerah. Sehingga bisa menggerakkan ekonomi dan barang," tuturnya.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, kata dia pun terus berupaya dalam memberikan pelayanan kemudahan, salah satunya dalam transportasi darat.

"Kami hanya ingin memberikan pelayan yang baik untuk masyarakat," pungkasnya.

Baca Juga: Sandiaga Uno Blusukan ke Wakatobi, Ekonomi Masyarakat Bergerak

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait