facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kenali Posisi Tidur Yang Baik untuk Ibu Hamil, Hindari 2 Posisi Ini

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 12 November 2021 | 17:00 WIB

Kenali Posisi Tidur Yang Baik untuk Ibu Hamil, Hindari 2 Posisi Ini
Ibu hamil

Hal ini, agar ibu hamil dapat beristirahat dengan nyaman dan kondisi bayi yang dikandung pun aman.

SuaraSulsel.id - Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil sangat penting untuk diketahui. Hal ini, agar ibu hamil dapat beristirahat dengan nyaman dan kondisi bayi yang dikandung pun aman.

Selama hamil trimester pertama, ibu hamil biasanya tidak terlalu khawatir memilih posisi tidir yang nyaman. Karena ukuran perut ibu hamil belum membesar, sehingga masih bisa nyaman tidur terlentang ataupun tengkurap.

Namun, seiring bertambahnya usia kehamilan, dua posisi tidur ini tidak dianjurkan karena dapat beresiko mengganggu kesehatan ibu hamil dan bayi dalam kandungan.

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil dianjurkan dalam posisi berbaring menyamping. Posisi ini dianggap yang paling aman dan nyaman bagi ibu hamil saat tidur.

Baca Juga: Sayuran yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Ternyata Jengkol, Lainnya Apa?

Untuk lebih jelasnya, tentang posisi tidur yang baik untuk ibu hamil, simak ulasan berikut ini.

1. Posisi Miring ke Kiri

Posisi tidur dengan miring ke-kiri merupakan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil, karena dapat memberikan keuntungan pada janin, yaitu mengurangi tekanan pada pembuluh darah vena, sehingga memaksimalkan aliran darah dan nutrisi menuju plasenta dan dapat mencegah janin terkena organ hati ibu hamil yang terletak di sebelah kanan.

2. Posisi Miring Dengan Tangan di bawah dan Kaki Bagian Atas Ditekuk

Posisi ini dianjurkan karena sangat aman dan nyaman bagi ibu hamil saat tidur. Agar lebih nyaman saat tidur, ibu hamil bisa menyangga kaki bagian atas dengan satu bantal atau lebih untuk membuat posisi tidur lebih nyaman.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan? Jawabannya Mengejutkan

3. Letakan Bantal Pada Bagian Aatas Tubuh

Hal ini dilakukan apabila ibu hamil mengalami masalah asam lambung, sehingga disarankan untuk meletakan banyak bantal guna menopang tubuh bagian atas, sehingga tubuh bagian atas dalam posisi lebih tinggi dibandingkan tubuh bagian bawah. Untuk melakukannya atur posisi sebaik mungkin agar tulang belakang ibu hamil tidak menjadi terlalu melengkung.

Penjelasan di atas merupakan beberapa posisi tidur yang baik untuk ibu hamil agar lebih merasa nyaman dan aman.

Untuk ibu hamil juga tidak disarankan untuk melakukan dua hal ini saat tidur, Dua hal tersebut adalah:

Pertama : Hindari tidur terlentang, ibu hamil tidak disarankan untuk tidur dengan posisi seperti ini. Pasalnya posisi ini sangat beresiko dan dapat mengakibatkan tekanan besar pada bagian aorta dan vena cava inferior yang bisa menghambat peredaran darah ke seluruh tubuh termasuk pada janin.

Kedua : Tidur tengkurap, posisi ini juga tidak dianjurkan karena perut ibu hamil akan menekan rahum yang juga dapat memotong suplai darah dan nutrisi ke bayi. Hal ini tentu dapat membahayakan keselamatan bayi didalam kandungan. Terlebih lagi, perut dan payudara ibu hail juga semakin membesar di trimester akhir.

Nah, itulah tadi penjelasan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil agar merasa nyaman dan aman.

Kontributor : Raditya Hermansyah

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait