facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan? Jawabannya Mengejutkan

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 12 November 2021 | 16:33 WIB

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan? Jawabannya Mengejutkan
Wanita makan mie instan pakai topping stroberi. (Tiktok/@anggieput29)

Selain menimbulkan masalah peningkatan asam lambung yang sering terjadi pada ibu hamil, ini juga akan menyebabkan konstipasi.

SuaraSulsel.id - Bolehkah ibu hamil makan mie instan? Sebagian ibu hamil mungkin mempertanyakan hal ini. Bagaimana pun mie instan adalah makanan yang murah, mudah dibuat, dan lezat.

Akan tetapi, mie instan bukanlah makanan yang bergizi. Namun, kalau ibu hamil sedang ngidam bagaimana? Ini penjelasan lengkapnya.

Dikutip dari Klikdokter, mie pada mie instan terbuat dari tepung. Makanan olahan tepung disarankan untuk dikonsumsi sesekali saja. Sifatnya yang lama dicerna akan menyebabkan mie lama berada di lambung.

Selain menimbulkan masalah peningkatan asam lambung yang sering terjadi pada ibu hamil, ini juga akan menyebabkan konstipasi. Selain itu, saat hamil gerakan usus melambat sehingga Ibu hamil rentan mengalami konstipasi. Bila ditambah dengan mengonsumsi makanan yang sulit dicerna, masalah konstipasi ini akan semakin besar.

Baca Juga: Dear Para Suami, Ini Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Mie instan juga dilengkapi bumbu bercita rasa tinggi hasil dari adanya MSG. Penguat rasa ini memang sangat memanjakan lidah. Sayangnya, jumlah konsumsinya harus dibatasi. Selain MSG, kadar sodium pada mie instan tidak bisa dibilang baik untuk Ibu hamil.

Sementara itu, dilansir dari laman Momjunction.com, rata-rata konsumsi garam untuk anak di atas 4 tahun dan orang dewasa adalah 1.500 mg/hari. Sedangkan dalam 1 porsi mie instan kadar garamnya mencapai 2.700 mg dalam 100 gram takaran saji.

BPOM juga pernah merilis mie instan mengandung 0.35 mg/kg berat badan dan natrium metabisulfit 0.4 mg/kg berat badan, dengan batasan normal masing-masing untuk orang dewasa adalah 0.5 dan 0.7 mg/kg berat badan. Konsumsi dalam jumlah minim masih dapat ditoleransi tubuh, tapi jika berlebihan maka akan mengakumulasi kandungan pengawet ini.

Mie pada mie instan mengandung lemak jenuh karena diproses dengan menggorengnya terlebih dahulu untuk menjaga keawetannya. Lemak trans kurang baik untuk orang dewasa dan hanya memberi sedikit nutrisi pada janin. Mie instan juga mengandung pengawet, pewarna, rendah protein, rendah vitamin, dan juga rendah mineral.

Mie Instan Tidak Dianjurkan

Baca Juga: Benarkah Ada Tanda Khusus Bawaan Hamil Bayi Perempuan? Ini Faktanya

Dari penjelasan di atas, jawaban atas pertanyaan bolehkah ibu hamil makan mie instan adalah tidak dianjurkan. Efek ibu hamil makan mie instan tidak hanya untuk ibu, tapi juga untuk bayi. Kadar garam yang tinggi akan menyebabkan ibu mengalami hipertensi. Hipertensi merupakan pemicu terjadi preeklampsia yang membahayakan ibu dan janin.

Tips Mengonsumsi Mie Instan untuk Ibu Hamil

Bagaimana ya jika ibu hamil ngidam makan mie instan? Ibu hamil bisa menggunakan beberapa tips berikut ini:

  1. Kurangi takaran bumbu menjadi setengah dari anjuran kemasan. Bisa juga dengan tidak menggunakan bumbu mie sama sekali. Ibu hamil bisa menggantinya dengan menambahkan cincangan bawang putih, daun bawang, tumisan bawang bombay, dan jamur, dan lain-lain.
  2. Tambahkan protein dan sayuran untuk menjaga keseimbangan gizi. Telur adalah protein yang cocok dimakan bersama mie instan. Pilih sawi, pakcoy, jamur, tomat, dan daun bawang, untuk menambah cita rasa juga akan menyeimbangkan asupan Ibu hamil.
  3. Pilih mie instan yang lebih sehat. Saat ini banyak mie instan yang lebih sehat daripada mie instan pada umumnya. Biasanya mie terbuat dari bahan gluten free atau dibuat dengan campuran sayuran, seperti mie bayam, mie sawi, dan mie tomat. Ada pula mie beras dan mie jagung.
  4. Ibu hamil membutuhkan tambahan 350 kcal setiap hari dan 450 kcal saat trimester ketiga. Artinya, jumlahnya kalorinya tidak boleh berlebihan. Bila porsi mie dikurangi dari porsi sajian biasanya, ibu hamil bisa menambahkan nasi. Tetapi jika menggunakan 1 porsi full, maka sebaiknya tidak menambahkan nasi lagi.
  5. Rebus mie menggunakan 2 kali takaran air dari yang disarankan. Tiriskan mie lalu buang air rebusannya.
  6. Buatlah meal plan. Bila ingin, ibu hamil makan mie instan seminggu sekali saja. Lebih baik lagi jika menguranginya sampai sebulan sekali.

Makan mie instan saat hamil tidak disarankan karena dapat memberikan efek buruk bagi bayi dan ibu. Akan tetapi, mie instan boleh disantap sekali waktu. Mie instan adalah makanan cepat saji dan tidak memiliki kandungan gizi sehingga tidak perlu dikonsumsi terlalu sering.

Demikian jawaban dari pertanyaan bolehkah ibu hamil makan mie instan?

Kontributor : Titi Sabanada

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait