alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Satu Kontainer Daging Ayam Asal Jawa Timur Mengeluarkan Bau Busuk

Muhammad Yunus Jum'at, 22 Oktober 2021 | 16:23 WIB

Satu Kontainer Daging Ayam Asal Jawa Timur Mengeluarkan Bau Busuk
Ribuan kilogram daging ayam asal Mojokerto, Jawa Timur, dimusnahkan saat tiba di Gorontalo, Kamis (21/10/2021) [gopos.id]

Ribuan kilogram daging ayam asal Mojokerto, Jawa Timur, dimusnahkan saat tiba di Gorontalo

SuaraSulsel.id - Ribuan kilogram daging ayam asal Mojokerto, Jawa Timur, dimusnahkan saat tiba di Gorontalo, Kamis (21/10/2021).

Pemusnahan dilakukan setelah daging ayam yang diangkut dalam satu kontainer itu sudah berbau busuk dan tak layak konsumsi lagi.

Pemusnahan dilakukan Karantina Pertanian Gorontalo di lahan milik Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Utara di Desa Ilangata, Kecamatan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara.

Mengutip gopos.id -- jaringan Suara.com, pemusnahan disaksikan Kapolsek Anggrek, Otoritas Pelabuhan Anggrek, dan Pemerintah Daerah yang diwakili oleh Dinas yang membidangi Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Gorontalo Utara.

Baca Juga: 15 Makanan Khas Jawa Timur: Lontong Balap, Rujak Cingur Hingga Rawon

Fungsional Karantina Hewan Karantina Pertanian Gorontalo, Nining Kasipu, menjelaskan daging ayam asal Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, tersebut dibawa ekspedisi ke Gorontalo melalui Pelabuhan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara.

Hasil pemeriksaan fisik diketahui telah terjadi proses pembusukan dari daging ayam yang ditunjukkan dengan warna daging yang telah berubah, kondisi dalam keadaan tidak beku dan telah berbau busuk.

“Berdasarkan keterangan penanggung jawab kontainer, kontainer dalam posisi rusak di perjalanan sehingga sudah beberapa hari dalam keadaan tidak beku,” ujar Nining.

Petugas yang melakukan pengawasan bongkar muat itu menyampaikan, hasil pemeriksaan dokumen dari daerah asal benar, lengkap dan sah.

Ketika dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik terhadap daging ayam beku dalam kontainer yang masih disegel, tercium bau busuk yang sangat menyengat. Dari kontainer terlihat rembesan darah ayam yang menetes.

Baca Juga: Resep Ayam Woku Khas Manado, Rasanya Pedas dan Bikin Ketagihan

“Pemeriksaan dilakukan di tempat tindakan karantina hewan perusahaan pemilik kontainer. Pemeriksaan dilakukan bersama Sub Koordinator Karantina Hewan Karantina Pertanian Gorontalo, drh. Firman Kristianto Soemedi, Paramedik Karantina Hewan Sukiman Kimalaha, A.Md dan M. Syarif Pakaya, sebagai penanggung jawab terhadap tindakan karantina di lokasi tersebut,” tutur Nining.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait