alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Atlet Olimpiade Tokyo Rahmat Erwin Abdullah Raih Emas untuk Sulawesi Selatan

Muhammad Yunus Kamis, 07 Oktober 2021 | 16:47 WIB

Atlet Olimpiade Tokyo Rahmat Erwin Abdullah Raih Emas untuk Sulawesi Selatan
Lifter Rahmat Erwin Abdullah saat bertanding di kelas 73kg putra Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo International Forum, Tokyo, Jepang, 28 Juli 2021 (ANTARA/REUTERS/EDGARD GARRIDO)

Rahmat Erwin Abdullah berhasil mempersembahkan satu medali emas PON Papua

SuaraSulsel.id - Rahmat Erwin Abdullah berhasil mempersembahkan satu medali emas dari cabang olahraga angkat besi untuk Sulawesi Selatan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Peraih medali perunggu di Olimpiade Tokyo itu berhasil menuntaskan angkatannya dengan total 340 Kg. Erwin turun di kelas 81 Kg.

Tampil di Auditorium Universitas Cenderawasih, Rahmat mampu mengalahkan enam rivalnya. Tiga angkatan snatch mampu dilibas.

Mulai dari 140 kg, 145 kg, dan 150 kg. Sementara angkatan clean and jerk dimulai dari 190 kg, 180 kg dan 200 kg.

Baca Juga: PON Papua: Rahmat Erwin Rebut Emas Angkat Besi

Diketahui, Rahmat Erwin Abdullah adalah peraih medali perunggu di Olimpiade Tokyo. Lifter muda itu juga mengukir rekor baru.

Rahmat kala itu tampil epic di grup B dengan total angkatan 342 kg. Ini adalah pencapaian tertinggi rahmat selama mengikuti ajang olahraga di dunia angkat besi.

Tokyo adalah jejak olimpiade pertama bagi Rahmat. Kendati sedang mengalami cedera di paha kanan saat itu, ia sudah memberikan yang terbaik untuk Indonesia.

Di grup B, Rahmat berhasil mengalahkan empat lifter pesaingnya. Mereka adalah Jorge Cardenas (Meksiko), Mahmoud Alhumayd (Arab Saudi), Brandon Wakeling (Australia) dan Abderrahim Moun (Maroko).

Awalnya, Rahmat menampilkan performa tanpa ada hambatan sama sekali saat melakukan aksinya tersebut. Saat angkatan snatch (satu tahap), Rahmat sanggup mengangkat percobaan pertamanya di angkatan 142 kg.

Baca Juga: PON Papua: Maluku Raih Dua Medali Emas Sekaligus dari Dayung

Lalu di percobaan kedua, beban yang dinaikan menjadi 147 kg. Ia sukses dengan mudah. Terakhir di percobaan ketiga Rahmat sanggup mengangkat beban 152 kg.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait