alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

4 Keutamaan Membaca Surah Al Mulk Sebelum Tidur

Muhammad Yunus Selasa, 14 September 2021 | 18:04 WIB

4 Keutamaan Membaca Surah Al Mulk Sebelum Tidur
Ilustrasi wanita muslim hijab membaca alquran (elemen envato)

Surah Al Mulk di dalam kitab suci Alquran memiliki arti kerajaan

SuaraSulsel.id - Surah Al Mulk di dalam kitab suci Alquran memiliki arti kerajaan. Surah ke-67 dalam Alquran juz ke-29 ini termasuk surah Makkiyyah. Memiliki jumlah 30 ayat. Surah ini turun sesudah Surat Ath-Thur.

Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Hajjaj ibnu Muhammad dan Ibnu Jafar. Keduanya mengatakan, telah menceritakan kepada kami Syubah, dari Qatadah, dari Abbas Al-Jusyami, dari Abu Hurairah, dari Rasulullah SAW, yang telah bersabda: “Inna suurotan fil quraani tsalatsiina aayatan syafa’at lishohibiha hatta ghufirolahu. Tabaarokalladzii biyadihil mulku”

Artinya: Sesungguhnya di dalam Alquran terdapat suatu surah berisikan tiga puluh ayat dapat memberi syafaat bagi pembacanya hingga ia mendapat ampunan, yaitu Tabarakal Lazi Biyadihil Mulku (Surah Al-Mulk).

Arbaah telah meriwayatkan hadis ini melalui Syubah dengan sanad yang sama. Imam Turmuzi mengatakan bahwa hadis ini hasan.

Baca Juga: Muhammadiyah Marah Kertas Alquran Dibuat Bungkus Petasan, Pelaku Diburu

Mengutip telisik.id, sesungguhnya surah Al-Mulk ini adalah surah yang menyelamatkan dan yang mendebat atau membela pembacanya kelak di hari kiamat di hadapan Tuhannya, dan memohon kepada-Nya agar menyelamatkannya dari azab neraka dan juga menyelamatkan penghafalnya dari siksa kubur.

Berikut empat keutamaan membaca surat Al-Mulk :

1. Syafaat di Hari Kiamat

Surah Al-Mulk akan menjadi syafaat atau penolong yang memohon ampunan bagi orang yang rajin membacanya di hari kiamat kelak.

2. Mencegah siksa kubur

Baca Juga: Heboh Alquran Jadi Bungkus Petasan, Muhammadiyah Murka dan Desak Pelaku Ditangkap

Mencegah siksa kubur dan dan penyelamat bagi mereka yang menghafal dan membacanya pada malam sebelum tidur.

3. Dijauhkan dari api neraka

Surah ini akan datang pada hari kiamat dan menyampaikan siapa saja para pemilik surah tersebut. Sehingga, mereka akan masuk surga yang penuh kebahagiaan dan dijauhkan dari siksa api neraka.

4. Diganjar pahala berlipat

Dengan rajin membaca Surah Al-Mulk pada tiap malam, maka mendatangkan banyak perbuatan baik dan pahala bagi orang yang membacanya. Perbuatan baik ini kemudian dilipatgandakan hingga 10 kali dan Allah SWT melipatgandakan bagi siapapun yang Dia kehendaki.

Baca Juga

Berita Terkait