alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pembangunan Stadion Mattoanging Siap Dilanjutkan, Rencana Anggaran Rp 370 Miliar dari APBD

Muhammad Yunus Kamis, 22 Juli 2021 | 15:51 WIB

Pembangunan Stadion Mattoanging Siap Dilanjutkan, Rencana Anggaran Rp 370 Miliar dari APBD
Kondisi Stadion Mattoanging Kota Makassar usai dibongkar Pemprov Sulsel / [Foto Instagram paulustandibone]

Penetapan anggaran melalui sidang paripurna DPRD Sulsel

SuaraSulsel.id - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel, Andi Arwin Azis mengatakan pembangunan Stadion Mattoanging yang baru diproyeksi menelan biaya sekitar Rp 370 miliar. Pendanaannya bersumber dari APBD.

"Dengan daya tampung penonton yang direncanakan mencapai 20.000 orang," ujar Arwin, Kamis, 22 Juli 2021.

Anggaran itu dipangkas dari perencanaan sebelumnya yakni Rp 1,2 triliun dari dana pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Begitu pun dengan skema kapasitas pembangunannya juga dipangkas. Dulunya 40.000 penonton berdasarkan detail design engineering (DED) yang disusun PT. Arkonin.

Baca Juga: Suporter PSM Makassar Demo, Desak Pembangunan Stadion Mattoanging

Kendati begitu, alokasi anggarannya, kata Arwin belum final. Masih akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

Penetapannya melalui sidang paripurna DPRD Sulsel tentang Kebijakan Umum APBD (KUA) Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2022 yang bakal disepakati Agustus 2021.

"Tergantung nanti alokasi anggaran yang tersedia di 2022. Nah, itu bisa dijawab sama TAPD. Kami ini menunggu berapa alokasi anggaran yang disiapkan dan disepakati bersama nanti dalam KUA/PPAS Tahun Anggaran 2022. Karena kalau mau selesai sesuai additional design dibutuhkan sekitar Rp 370 M," jelas Arwin.

Sekadar diketahui, pengusulan additional design ditempuh menyusul skema pemenuhan anggaran pembangunan Stadion Mattoanging yang berubah. Rencana pendanaan yang bersumber dari pinjaman PEN senilai Rp 1,2 triliun tidak diambil Pemprov Sulsel.

Praktis, pembiayaan pembangunan menyesuaikan kemampuan anggaran yang mengandalkan APBD murni. Rencana ini sudah melalui pembahasan saat pertemuan antara Pemprov Sulsel dengan Ketua DPRD Sulsel yang turut mengundang sejumlah komunitas suporter, Kamis (27/5) lalu.

Baca Juga: Suporter PSM Makassar Sembuh Dengar Stadion Mattoanging Dilanjutkan

Dalam pertemuan tersebut Arwin memaparkan, dengan mengacu pada additional design, lelang dini Stadion Mattoanging bisa dikebut rampung sampai akhir tahun. Dengan begitu, konstruksi bisa dimulai awal tahun 2022.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait