alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ratusan Narapidana Makassar Disuntik Vaksin Covid-19, Tatto di Lengan Bikin Gagal Fokus

Muhammad Yunus Senin, 19 Juli 2021 | 10:43 WIB

Ratusan Narapidana Makassar Disuntik Vaksin Covid-19, Tatto di Lengan Bikin Gagal Fokus
Narapidana di Rutan Makassar melakukan vaksinasi tahap pertama [SuaraSulsel.id / Dokumentasi Rutan Makassar]

Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Kota Makassar melaksanakan penyuntikan vaksin tahap pertama

SuaraSulsel.id - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Kota Makassar melaksanakan penyuntikan vaksin tahap pertama kepada lima ratus warga binaan alias narapidana.

Penyuntikan vaksin berlangsung di lapangan Rutan Makassar. Melibatkan Dinas Kesehatan Makassar pada Sabtu 17 Juli 2021.

Kepala Rutan Kelas I Makassar Sulistyadi mengatakan penyuntikan dosis vaksin tahap pertama itu dimulai sejak pukul 09.00 Wita pagi hingga pukul 15.00 Wita.

Ia berharap dengan adanya pelaksanaan vaksinasi itu, warga binaan dapat terlindungi atau terproteksi dengan baik dari penyebaran Virus Corona alias Covid-19.

Baca Juga: Kabar Duel Petugas Rutan Pekanbaru dengan Narapidana

"Kami selaku petugas sudah melaksanakan vaksinasi, jadi selain penerapan protokol kesehatan yang ketat kami mengoptimalkan pengendalian penyebaran Covid-19. Dengan memberikan vaksinasi terhadap warga binaan," kata Sulistyadi kepada wartawan melalui keterangan tertulisnya.

Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Darmansyah mengungkapkan total vaksin yang disediakan untuk tahap pertama untuk lima ratus orang. Hanya saja, semuanya tidak tersalurkan karena beberapa warga binaan ada yang memiliki riwayat penyakit.

"Kami juga mengundang keluarga dari petugas, dan berdasarkan data terakhir total yang berhasil melakukan vaksinasi sebanyak 467 orang dengan rincian 367 warga binaan dan 100 petugas Rutan dan keluarganya. Adapun yang ditolak sebanyak 8 orang karena memiliki riwayat penyakit," ungkap Darmansyah.

Untuk vasinasi pada tahap kedua, kata Darmansyah, pihaknya akan menggandeng Kodam Hasanuddin. Tetapi, sebelum melaksanakan kegiatan vaksin pihaknya akan melakukan pendataan NIK bagi warga binaan terlebih dahulu.

"Insyaallah dalam waktu dekat akan melaksanakan vaksinasi gelombang kedua. Mengingat jumlah warga binaan Rutan Makassar saat ini sebanyak 1.555 orang. Dan kami upayakan semua mendapatkan vaksin," kata dia.

Baca Juga: Napi Lapas Klas IIA Bukittinggi Ditemukan Tewas Gantung Diri di Kamar Mandi

"Untuk kelengkapan persyaratan administrasi, kami akan melakukan pendataan dan koordinasi dengan Dinas Dukcapil terkait NIK warga binaan," tambah Darmansyah.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait