facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jabatan Wakil Bupati dan Ketua DPRD Luwu Timur Masih Lowong, Ini Kata Pengamat

Muhammad Yunus Selasa, 29 Juni 2021 | 09:31 WIB

Jabatan Wakil Bupati dan Ketua DPRD Luwu Timur Masih Lowong, Ini Kata Pengamat
Budiman dilantik sebagai Bupati Luwu Timur oleh Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, Senin 5 April 2021 / [SuaraSulsel.id / Humas Pemprov Sulsel]

Partai politik pengusung didorong untuk segera merapatkan barisan

SuaraSulsel.id - Jabatan Wakil Bupati Luwu Timur hingga kini belum terisi, sejak Budiman Hakim dilantik sebagai Bupati Luwu Timur pada awal April 2021, mengantikan posisi Thoriq Husler (calon bupati) yang meninggal dunia sebelum pelantikan pasangan kepala daerah terpilih hasil Pilkada serentak 9 Desember 2020.

Pengamat Politik dari Unversitas Hasanuddin (Unhas) di Makassar, Sulawesi Selatan, Sukri Tamma mengatakan pengisian jabatan Wakil Bupati (Wabup) Luwu Timur perlu segera dilakukan, agar pembangunan di daerah itu dapat berjalan lebih optimal.

"Posisi wakil bupati memang penting untuk membangun pemerintah ke depan. Tetapi, tentu banyak pihak yang mengharapkan posisi tersebut, apalagi pasangan Thoriq-Budiman diusung delapan Partai Politik," ujar Sukri Tamma saat dimintai tanggapannya oleh wartawan, Senin 28 Juni 2021.

Sukri mengatakan partai politik (parpol) pengusung didorong untuk segera merapatkan barisan demi menghasilkan kesepakatan bersama. Sebab, persoalan ini bukan kepentingan satu parpol saja, tetapi telah menjadi koalisi besar, sehingga dibutuhkan pembicaraan secara intens menentukan nama wakil bupatinya agar pemerintahan bisa berjalan sesuai harapan publik secara luas.

Baca Juga: Budiman Dilantik Sebagai Bupati Luwu Timur, Gantikan Thorig Husler

Secara terpisah, Wakil Ketua DPRD Luwu Timur Muhammad Siddiq mengakui hingga kini partai pengusung belum mengusulkan siapa yang akan menjadi pasangan Budiman Hakim.

Masalah lainnya, kursi Ketua DPRD Lutim juga kosong setelah ditinggal Amran Syam yang telah wafat.

"Belum ada sekarang ini. Saya kira itu urusan partai pengusung yang harus mengusulkan ke DPRD. Belum ada juga Pansus dibentuk. Pertimbangannya, Pansus bisa dibentuk setelah ada Ketua DPRD defenitif, sedangkan kami hanya pelaksana sementara untuk jabatan pimpinan dewan," ungkap dia.

Sedangkan Sekretaris Dewan DPRD Kabupaten Luwu Timur Rapiuddin menyampaikan bahwa sejauh ini pihaknya belum menerima surat dari pimpinan maupun parpol berkaitan dengan pengisian jabatan lowong itu.

Sebab, ada delapan parpol yang mengusung pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih yakni Thoriq Husler-Budiman Hakim.

Baca Juga: Polisi Tetapkan 17 Tersangka Kasus Tewasnya Peserta Diksar KPA di Lutim

"Belum ada (calon wabup). Aturannya kan dibuat Pansus (Panitia Khusus) dulu. Sampai sekarang Pansus belum dibentuk. Kami hanya memfasilitasi dan masih menunggu. Kalau ada bolanya (berkas usulan) langsung kami urus untuk diproses segera," katanya menambahkan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait