alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kisruh Stadion Mattoanging, Pemprov Sulsel Akan Ikut Pemkot Makassar

Muhammad Yunus Kamis, 08 April 2021 | 15:56 WIB

Kisruh Stadion Mattoanging, Pemprov Sulsel Akan Ikut Pemkot Makassar
Stadion Andi Mattalatta Makassar, Jalan Cendrawasih, Kota Makassar yang menjadi markas PSM Makassar mulai direnovasi, Rabu (21/10/2020) / Foto SuaraSulsel.id: Muhammad Aidil

Stadion Mattoanging bisa didesain ulang. Itu jika mengikut saran Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto.

SuaraSulsel.id - Stadion Mattoanging bisa didesain ulang. Itu jika mengikut saran Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Pemprov Sulsel Darmawan Bintang mengatakan, pembangunan Stadion Mattoanging terus berjalan. Tidak ada yang berhenti hingga kini.

Tender masih pada tahap manajemen konstruksi. Diharapkan rampung pertengahan bulan April ini.

Namun, anggaran APBD tahun ini hanya untuk lelang manajemen konstruksi. Untuk fisik belum.

Baca Juga: Pemprov Sulsel : 9,6 Koli Vaksin Covid-19 Biofarma Dikirim Hari Ini

Apalagi, pembangunan berada di wilayah administrasi Kota Makassar. Semua aturan soal tata ruang dan sebagainya, harus mengikut ke Pemkot Makassar.

"Ketidakmampuan karena kita membangun di daerah administrasi Makassar. Yang mempunyai tata ruang adalah Makassar, yang membuat aturan Makassar, kita tidak bisa serta merta di provinsi bahwa harus seperti ini. Ada dinamika yang harus didengarkan. Karena berkaitan dengan (pembangunan) fisik," ujarnya.

Makanya, mau tidak mau, Pemprov Sulsel harus mengikut ke aturan Pemkot Makassar. Besar peluang, Stadion Mattoanging akan didesain ulang.

"Pemkot kita dengarkan. Desain ulang, kita belum tahu, ini kan lagi berjalan. Tapi semua opsi bisa kita tempuh, dan jadi pertimbangan Pemprov. Kalau dikatakan bisa didesain ulang, opsi itu ada. Mau dilanjutkan, opsi itu ada. Semua opsi kita dengarkan," jelas Kepala Dinas Ketenagakerjaan itu.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sendiri sudah menghabiskan anggaran Rp20,7 miliar untuk rehabilitasi Stadion Mattoanging. Anggaran itu hanya untuk pengurusan dokumen, belum pembangunan fisik.

Baca Juga: PTUN Kabulkan Gugatan YOSS Terkait Hak Pengelolaan Stadion Mattoanging

Anggaran tersebut digunakan untuk analisis dampak lingkungan Rp 26 juta, analisis dampak lalu lintas Rp 250 juta, audit konstruksi Rp 119 juta, manajemen konstruksi tahap I Rp 375 juta dan DED (Detail Engineering Design) Rp 20 miliar.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait