alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bahaya ! Begini Gejala Orang Yang Terinveksi Virus Corona Jenis Baru

Muhammad Yunus Rabu, 03 Maret 2021 | 17:20 WIB

Bahaya ! Begini Gejala Orang Yang Terinveksi Virus Corona Jenis Baru
Pegawai Pemprov Sulsel antri untuk vaksinasi Covid-19, Selasa 2 Maret 2021 / [SuaraSulsel.id / Istimewa]

Virus Corona jenis baru atau Virus Corona B117 telah masuk Indonesia sejak pertengahan Januari 2021

SuaraSulsel.id - Virus Corona jenis baru atau Virus Corona B117 telah masuk Indonesia sejak pertengahan Januari 2021. Namun pemerintah baru mengumumkan virus Corona B117 masuk Indonesia awal Maret 2021.

Dua TKI Arab Saudi yang membawa Virus Corona B117 melalui Bandara Soekarno-Hatta. Virus Corona ini disebut lebih berbahaya daripada virus sebelumnya.

Petugas kesehatan mencatat ada 8 ciri orang yang terinveksi Virus Vorona B117. Virus Corona B117 diyakini lebih bahaya dari Covid-19. Virus corona varian awal. Virus corona B117 masuk di Karawang, Jawa Barat.

Berdasarkan catatan WHO, mutasi dari varian virus Corona B117 sudah menyebar ke beberapa negara. Setidaknya 70 negara sudah mengonfirmasi.

Baca Juga: Corona Jenis Baru Masuk ke Indonesia, Ganjar: Apakah Benar Seganas Itu?

Mutasi dari Varian virus Corona B117 diyakini 70 persen lebih berbahaya dan menular dari virus asalnya.

Selain itu, Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono mengungkapkan, dia mendapatkan informasi bahwa tepat dalam setahun ini keberadaan Covid-19, ditemukan mutasi B117 Inggris di Indonesia.

Ia juga mengatakan, ditemukannya varian virus corona B117 akan menghadapi virus Covid-19 yang jauh lebih berat.

"Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan 2 kasus. artinya apa, artinya kita akan menghadapi pandemi ini dengan tingkat kesulitan yang makin berat," ujar Dante dalam konferensi pers di YouTube Kemenkes RI, Selasa (2/3/2021).

Sejumlah ahli menganggap mutasi dari varian baru ini sangat berbahaya dan cepat menular. Sementara itu, varian baru Corona B117 itu mulai ditemukan di Indonesia, dan masih dikaji pengaruh persebarannya.

Baca Juga: TKI Asal Karawang yang Terpapar Virus Corona B117 Sudah Sembuh

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang P.S. Brodjonegoro ikut angkat bicara terkait varian baru Corona B117. "Sejauh ini B117 berdampak pada penyebaran virus yang lebih cepat dan bisa mengganggu kinerja tes PCR," ujarnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait