alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Puskesmas di Makassar Hanya Mampu Suntik 15 Orang Per Hari, Ini Alasannya

Muhammad Yunus Rabu, 13 Januari 2021 | 18:27 WIB

Puskesmas di Makassar Hanya Mampu Suntik 15 Orang Per Hari, Ini Alasannya
Seorang perawat melakukan simulasi penyuntikan vaksin Covid-19 di RS Panembahan Senopati, Bantul, Rabu (13/1/2021). [Muhammad Ilham Baktora / SuaraJogja.id]

Sembilan Puskesmas di Makassar akan melakukan vaksinasi besok

SuaraSulsel.id - Sembilan Puskesmas di Kota Makassar mendapatkan distribusi vaksin Sinovac Covid-19 dari Dinas Kesehatan Makassar.

Sembilan Puskesmas tersebut rencananya akan melakukan vaksinasi besok, Kamis (14/1/2021). Adalah Puskesmas Makkasau, Puskemas Andalas, Puskesmas Kaluku Bodoa.

Kemudian, Puskesmas Mangasa, Puskesmas Antang, Puskesmas Bangkala, Puskesmas Bulurokeng, Puskesmas Sudiang Raya, dan Puskesmas Tamalarea.

"Kita mendistribusikan vaksin yang akan melayani besok. Yang punya jadwal vaksinasi di Makassar ada 9 puskesmas," kata Kordinator Bidang Imunisasi Dinas Kesehatan Makassar, Abdul Hafid, Rabu (13/1/2021).

Baca Juga: BPKP Jadwalkan Gelar Perkara Dugaan Korupsi Bansos Covid-19 Makassar Besok

Setiap puskesmas, kata Hafid, hanya mendapatkan distribusi vaksin corona 15 vial. Sebab, puskesmas tersebut hanya akan melayani proses pemberian vaksin kepada 15 orang saja.

"Sasaran yang akan melayani itu sudah ditentukan melalui aplikasi. Maksimal 20 orang dalam sekali pelayanan. Tapi untuk puskesmas yang melayani itu, cuma 15 per hari, jadi sembilan puskesmas ini hanya melayani 15 vial untuk 15 orang," terang Hafid.

Dia menjelaskan, pembatasan pemberian vaksin Covid-19 kepada 15 orang tersebut bukan karena keterbatasan tenaga medis.

Akan tetapi, proses pemberian vaksin memakan waktu yang cukup lama. Hingga dapat mencapai 45 menit setiap orangnya.

"Bukan keterbatasan tenaga karena pemberian vaksin Covid-19 ini tidak sama dengan pemberian vaksin lain," kata dia.

Baca Juga: Hadija Ditangkap Saat Menjual Kosmetik Ilegal di Makassar

"Kalau dalam satu orang pemberian vaksin itu membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Jadi kalau misalnya 15 orang berapa lama waktu yang dibutuhkan," tambah Abdul.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait