alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Diduga Plagiat, Rektor Ini Dilaporkan Warga Melalui Aplikasi Lapor.go.id

Muhammad Yunus Rabu, 13 Januari 2021 | 08:58 WIB

Diduga Plagiat, Rektor Ini Dilaporkan Warga Melalui Aplikasi Lapor.go.id
Google Hadirkan Platform Anti Plagiat. (Google Assignments)

Masyarakat melaporkan rektor melalui aplikasi Lapor.go.id

SuaraSulsel.id - Dugaan plagiarisme ditujukan kepada Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Profesor Runtung Sitepu. masyarakat melaporkan rektor telah melakukan plagiat.

Dugaan ini dilaporkan masyarakat melalui aplikasi Lapor.go.id kemudian diteruskan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi dan diteruskan ke Universitas Sumatera Utara.

Ada sejumlah nama yang dilaporkan, yaitu Profesor Runtung Sitepu (Rektor USU), Farhat, Mahyuddin KM Nasution, Maria Kaban, Kharisma Prasetya Adhyatma, Fauriski F Prapiska, Ginanda Putra Siregar, dan Syah Mirsya Warli.

Nama para terlapor tertuang dalam surat berkop Universitas Sumatera Utara dengan nomor 218/UN.5.R2/SDM/2021 tertanggal 11 Januari 2021, ditujukan ke Rektor Universitas Sumatera Utara.

Baca Juga: UIN Malang Berlakukan Pembatasan Kegiatan Selama 14 Hari

Surat itu juga dibubuhi tanda tangan Wakil Rektor II Profesor Muhammad Fidel Ganis Siregar. Surat yang didisposisikan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI juga ditembuskan ke Pemerintah Kabupaten Karo.

Kepala Kantor Humas, Protokoler dan Promosi USU Elvi Sumanti membenarkan adanya dugaan plagiarisme yang dilaporkan oleh masyarakat melalui aplikasi Lapor.go.id tersebut.

Oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, laporan kemudian didisposisikan ke Universitas Sumatera Utara.

"Laporan masyarakat itu dibuat di lapor.go.id , dan itu benar karena USU mendapat disposisi dari kementerian," ujar Elvi melalui pesan singkat, Selasa (12/1/2021).

Dikatakan Elvi, surat yang ditandatangani oleh Wakil Rektor II, Profesor Muhammad Fidel Ganis Siregar merupakan surat internal yang dilanjutkan ke pimpinan USU guna menindaklanjuti laporan masyarakat tersebut.

Baca Juga: Gegara Plagiarisme Menteri Tenaga Kerja Mundur dari Jabatannya

"Ini surat biasa, kalo ada laporan di lapor (Lapor.go.id)," pungkasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait