alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dinas Pendidikan Makassar Buat Buku Panduan Pencegahan Covid-19 di Sekolah

Muhammad Yunus Kamis, 03 Desember 2020 | 09:59 WIB

Dinas Pendidikan Makassar Buat Buku Panduan Pencegahan Covid-19 di Sekolah
Situasi sekolah tatap muka di SMA Pius Kota Tegal. (Istimewa)

Buku panduan pencegahan Covid-19 sudah harus rampung pada pertengahan Desember 2020

SuaraSulsel.id - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Andi Irwan Bangsawan mengatakan, Dinas Pendidikan menyiapkan buku panduan pencegahan Covid-19. Sebelum membuka pembelajaran tatap muka di sekolah.

"Saat ini kami gencar melakukan kajian khusus untuk membuat buku panduan protokol untuk diterapkan pada saat pembukaan sekolah," kata Irwan, Rabu (2/12/2020).

Irwan mengatakan, buku panduan pencegahan Covid-19 sudah harus rampung pada pertengahan Desember 2020. Sebelum membuka sekolah untuk proses belajar-mengajar tatap muka yang dijadwalkan pada Januari 2021.

Menurut dia, untuk mendukung penerapan buku pedoman itu akan diikuti dengan penerbitan Peraturan Wali Kota atau surat edaran yang akan menjadi dasar hukum penerapan protokol kesehatan di dunia pendidikan.

Baca Juga: Pj Wali Kota Makassar Harus Berani Sanksi Camat Mamajang dan Ka Puskesmas

Mengenai sebagian wilayah Kota Makassar yang sudah masuk zona hijau seperti daerah Lakkang dan pulau lainnya untuk membuka pembelajaran tatap muka, Irwan mengatakan, harus menghindari euforia untuk membuka sekolah.

"Harus dilakukan kajian-kajian strategis dulu, tidak boleh gegabah membuka sekolah, meskipun sudah zona hijau," katanya.

Berkaitan dengan hal tersebut, ia mengatakan, untuk membuka sekolah kembali, semuanya harus dipersiapkan dengan matang.

Termasuk melakukan tes usap massal untuk kalangan guru sekolah, dan jelang masuk sekolah juga akan dilakukan rapid test ataupun tes usap pada siswa-siswa. (Antara)

Baca Juga: Aksi Tolak Rizieq Shihab di Makassar Dibubarkan Massa, FPI Beri Klarifikasi

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait