alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Selain Alergi, Ruam Kulit Juga Bisa Disebabkan Karena Penyakit Kulit

M. Reza Sulaiman | Lilis Varwati Kamis, 26 November 2020 | 03:05 WIB

Selain Alergi, Ruam Kulit Juga Bisa Disebabkan Karena Penyakit Kulit
ruam gatal pada anak [shutterstock]

Alergi tidak menjadi satu-satunya penyebab ruam kulit muncul. Sejumlah faktor lain, seperti penyakit kulit, juga bisa menyebabkan ruam.

SuaraSulsel.id - Alergi tidak menjadi satu-satunya penyebab ruam kulit muncul. Sejumlah faktor lain, seperti penyakit kulit, juga bisa menyebabkan ruam.

Bahkan dokter mengatakan bercak merah atau juga disebut biduran dan ruam memang dapat dipicu oleh penyebab lainnya mulai dari infeksi, suhu ekstrem, tekanan fisik, stres, debu, bahkan bulu hewan peliharaan.

"Karena luasnya kemungkinan pemicu, sangat sulit untuk menentukan penyebab pastinya," kata Dr Calvin Chan dari Calvin Chan Aesthetic & Laser Clinic dikutip Channel News Asia.

Meskipun pemicu individu mungkin sulit ditentukan, gatal-gatal biasanya disebabkan oleh reaksi histamin terhadap senyawa tertentu oleh sistem kekebalan Anda, jelas Dr Chan.

Baca Juga: Reaksi Alergi: Benarkah dapat Perpotensi Mengancam Nyawa?

Plasma darah kemudian bocor keluar dari pembuluh darah kecil di kulit untuk membentuk pembengkakan dengan tepi yang berbeda.

"Mereka bisa seukuran gigitan nyamuk atau lebih kecil, atau bahkan menutupi seluruh anggota tubuh saat ruam melebar," katanya.

Penyakit kulit semacam itu dapat terjadi sebagai kejadian singkat dan terisolasi (urtikaria akut) atau sebagai kondisi kronis yang kambuh dan mereda.

Terkadang berulang selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Terkadang, ruam bisa muncul meski tidak ada pemicu spesifik sama sekali seperti kontak urtikaria, kata Dr Tricia Chong, seorang konsultan asosiasi dengan National Skin Center.

Baca Juga: Alergi Minuman Anggur: Ketahui Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobatinya

Ruam juga bisa memakan waktu berjam-jam atau bahkan berminggu-minggu untuk sembuh.

"Tergantung pada penyebabnya dan apakah pengobatan yang tepat telah dilakukan," kata Dr. Chong.

Menurutnya, lebih baik langsung berkonsultasi dengan apoteker atau dokter saat mengalami ruam kulit daripada menggunakan obat rumahan seperti minyak obat atau Rempah.

"Itu dapat menyebabkan dermatitis kontak iritan atau alergi," ujarnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait