Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hunian Tetap untuk Korban Banjir Luwu Utara Mulai Dibangun

Muhammad Yunus Kamis, 17 September 2020 | 16:07 WIB

Hunian Tetap untuk Korban Banjir Luwu Utara Mulai Dibangun
Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah dan Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani melakukan peletakan batu pertama pembangunan hunian tetap (Huntap) bagi korban banjir bandang di Dusun Panampung, Desa Radda, Kecamatan Baebunta, Luwu Utara, Kamis (17/9/2020) / Foto : Humas Pemprov Sulsel

Hunian tetap tahap pertama ini akan dibangun sebanyak 50 unit dengan tipe 36

SuaraSulsel.id - Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah dan Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani melakukan peletakan batu pertama pembangunan hunian tetap (Huntap) bagi korban banjir bandang di Dusun Panampung, Desa Radda, Kecamatan Baebunta, Luwu Utara, Kamis (17/9/2020).

Huntap yang akan dibangun Pemprov Sulsel pada tahap pertama ini sebanyak 50 unit dengan tipe 36.

Banjir bandang dan tanah longsor di Luwu Utara terjadi pada 13 Juli 2020. Berdampak pada 39 desa atau kelurahan. Tersebar di enam kecamatan.

"Jadi ini sebuah kemajuan dalam rangka rehabilitasi pasca bencana banjir Luwu Utara," ungkap Nurdin.

Menurut Nurdin, Bupati Indah aktif sekali bekerja memulihkan kehidupan masyarakat Luwu Utara pasca banjir. Khususnya yang di Masamba.

"Ini (Huntap) dibangun hanya 2,5 hari," kata Nurdin.

Ia menyampaikan bahwa pembangunan Huntap dilakukan Pemprov Sulsel untuk tahap awal agar menstimulus pemerintah pusat turut serta membantu dan membangun.

Pihak swasta juga diundang untuk membantu. Melalui program tanggung jawab sosial atau CSR perusahaan. Kebutuhan rumah sekitar 1.295 unit ditargetkan selesai enam bulan ke depan.

"Jadi sebenarnya masih kurang. Tetapi, insyaallah kita akan mencoba menggerakkan hati semua elemen masyarakat. Termasuk beberapa perusaahn besar yang kira -kira bisa memanfaatkan CSR," ungkap Nurdin.

Satu unit rumah Huntap dibangun dengan anggaran Rp 50 juta. Dengan standar layak huni dengan fasilitas seperti ruang tamu, dan dua kamar.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait