facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kunjungi Wagub Sulsel, Dirjen HAM Bahas Konsep Lapas Alam Terbuka

Husna Rahmayunita Selasa, 25 Agustus 2020 | 09:55 WIB

Kunjungi Wagub Sulsel, Dirjen HAM Bahas Konsep Lapas Alam Terbuka
Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman bersama Direktur Jenderal (Dirjen) Hak Asasi Manusia (HAM) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Mualimin Abdi. (ANTARA/HO/Humas Pemprov Sulsel)

Konsep terbuka itu rencananya dibangun di daerah Pucak, Kabupaten Maros.

SuaraSulsel.id - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman membahas konsep pembangunan lembaga permasyarakatan (lapas) terbuka bersama Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Direktur Jenderal (Dirjen) Hak Asasi Manusia (HAM) Kemenkumham Mualimin Abdi mengaku pihaknya tertarik dengan ide wagub Sulsel soal lapas dengan konsep tersebut.

"Wagub Sulsel punya ide lapas dengan konsep terbuka. Lapas terbuka di Sulsel itu rencananya dibangun di daerah dingin," ungkapnya seperti dikutip dari Antara, Rabu (25/8/2020).

Menurut Mualimin, pembahasan konsep lapas terbuka itu merupakan bentuk kerja sama dan koordinasi yang baik antara Pemprov Sulsel dengan Kemenkumham.

Baca Juga: Diduga Selundupkan Burung Murai, 2 WNI Ditembak Mati Tentara Malaysia

Di lain pihak, Andi mengemukakan lapas dengan konsep terbuka itu rencananya dibangun di daerah Pucak, Kabupaten Maros.

Ia menilai lapas terbuka membuat warga binaan nantinya bisa berkreasi. Mereka akan dibina sampai bisa mandiri, termasuk dilatih peternakan dan perkebunan.

"Lapas dengan konsep alam terbuka. Lapas terbuka, jadi tidak dikurung lagi," ujarnya.

Lebih lanjut, wagub Sulsel itu menambahkan kalau ada pesantren alam, tak menutup kemungkinan ada lapas alam, supaya saat warga binaan bebas, mereka bisa kembali menjalani kehidupan normal.

Dalam pertemuan tersebut turut dihadiri oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Sulawesi Selatan Harun Sulianto, Sekretaris Dirjen HAM Direktur Kerjasama HAM Direktur Pelayanan Komunikasi Masyarakat serta para Kepala Divisi Kemenkumham Sulsel.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Jadi Acuan KUA-PPAS APBD Pontianak 2021

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait