Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Viral Ibu-ibu Bawa Sesajen di Monumen Andi Djemma, Minta Terhindar Bencana

M Nurhadi Senin, 27 Juli 2020 | 15:37 WIB

Viral Ibu-ibu Bawa Sesajen di Monumen Andi Djemma, Minta Terhindar Bencana
Viral ibu-ibu berdoa di monumen Andi Djemma Masamba bawa sesajen (Instagram/Makassar_iinfo)

"Menghormati leluhur itu wajar kok, tapi kalau untuk meminta perlindungan, mending doanya ke tempat ibadah," tutur akun wahyu_wendy18.

SuaraSulsel.id - Sebuah video yang menunjukkan ibu-ibu sedang mendatangi Monumen Andi Djemma yang berada di Masamba, Luwu Utara Sulawesi Selatan. Sosok ibu-ibu yang diduga berasal dari Pare-pare tersebut mendatangi monumen itu sembari membawa sesuatu yang diduga merupakan sesajen.

Dalam video tersebut juga menunjukkan, ibu-ibu yang mengenakan baju merah hitam itu memanjatkan doa. Sementara, beberapa orang yang berada di sekiarnya hanya merekam perbuatan sang ibu tersebut menggunakan gawai mereka masing-masing.

Dengan menggunakan bahasa setempat, ibu tersebut memohon agar tidak ada lagi musibah yang menimpa Masamba dan daerah lain di Luwu Utara.

Ia juga sempat mengucapkan "Laa ila ha ilallah," sebelum mengucapkan doa dan permintaannya. Dalam aksinya itu, ia hanya melakukannya sendirian.

"Seorang ibu, meminta do'a di Monumen Andi Djemma Masamba dengan membawa sesajen agar Luwu Utara terhindar dari bencana banjir bandang," tulis akun Makassar_iinfo selaku pengunggah potongan video tersebut.

Sontak unggahannya itu mendapatkan beragam komentar dari warganet. Tidak sedikit netizen yang menyayangkan perbuatan yang dilakukan ibu tersebut, meski menurutnya, menghormati leluhur adalah hal yang lumrah.

"Menghormati leluhur itu wajar kok, tapi kalau untuk meminta perlindungan, mending doanya ke tempat ibadah," tutur akun  wahyu_wendy18.

Ada pula yang menyebut, tidak seharusnya sosok ibu tersebut mengucapkan nama Allah sembari membawa sesajen dan meminta kepada monumen.

"Buk janki bawa-bawa nama Allah klo pake sesajen, astaghfirullah," ujar harirahkayla_.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait