Muhammad Yunus
Wali Kota Makassar Danny Pomanto dan Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman usai membahas pembangunan Stadion Mattoanging dan Stadion Barombong di Makassar, Rabu 2 Maret 2022 [SuaraSulsel.id/istimewa]

SuaraSulsel.id - Pembangunan Stadion Mattoanging dan Stadion Barombong di Kota Makassar masih menjadi perbincangan hangat masyarakat. Pasalnya warga Makassar sudah sangat merindukan riuhnya pertandingan sepak bola.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan “Danny” Pomanto sudah membangun komunikasi dengan Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman. Untuk membahas keinginan dan harapan masyarakat.

Danny Pomanto yang dikenal dengan slogan Anak Lorong telah mengajukan proposal kepada Pemerintah Provinsi Sulsel. Untuk melanjutkan pembangunan Stadion Barombong. Agar warga kembali bisa menyaksikan pertandingan sepakbola. Pertemuan dilakukan di Rumah Jabatan Wakil Gubernur Sulsel, Rabu (2/3/2022).

“Tadi sudah bertemu dengan Plt Gub dan hasilnya akan fokus dulu untuk pembangunan Stadion Mattoanging. Untuk Stadion Barombong saya masih menunggu keputusan terbaik," ungkap Danny Pomanto.

Baca Juga: Masjid Islamic Centre Sinjai Dapat Bantuan Rp19 Miliar dari Pemprov Sulsel

Disinggung soal kucuran anggaran yang telah disiapkan untuk pembangunan Stadion Barombong, Danny Pomanto mengatakan, dananya masih aman.

“Ada prioritas yang harus dikerjakan. Kalau tadi kesepakatannya, Plt Gubernur fokus di Stadion Mattoangin dulu. Soal anggaran Barombong masih aman karena belum perubahan," jelasnya.

Andi Sudirman: Pemkot Makassar Bisa Bantu Keuangan Bangun Stadion Mattoanging

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengajak Pemerintah Kota Makassar bersama-sama membantu percepatan pembangunan Stadion Mattoanging yang menjadi skala prioritas Pemprov Sulsel.

Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menjelaskan, jika Pemerintah Kota Makassar berminat untuk membangun stadion, maka Pemerintah Kota bisa memberikan bantuan keuangan ke Pemprov Sulsel. Untuk segera menyelesaikan pembangunan Stadion Mattoanging.

Baca Juga: Andi Sudirman Berikan Bantuan Keuangan Rp10,5 Miliar ke Kabupaten Sinjai

"Pemkot Makassar bisa bantu keuangan ke Pemprov Sulsel bangun stadion. Jika Pemkot Makassar serius ingin bangun stadion bisa sama sama percepat tinggal kasih Rp100 M bantuan keuangan ke provinsi untuk percepat Mattoanging," jelasnya, usai menerima kunjungan Wali Kota Makassar Muhammad Ramdhan Pomanto di Rumah Jabatan Wakil Gubernur Sulsel.

Menurut Andi Sudirman, berdasarkan aturan yang ada, bantuan keuangan bisa diserahkan Pemprov Sulsel ke Kabupaten atau Kota. Begitu juga Pemerintah Kabupaten Kota bisa memberikan bantuan keuangan kepada Pemerintah Provinsi.

Wali Kota Makassar Danny Pomanto mengakui fokus Pemprov Sulsel membangun Stadion Mattoanging. Meskipun, Pemkot Makassar mengusulkan pembangunan Stadion Barombong.

"Tadi kami sepakat bahwa selesaikan dulu Stadion Mattoanging baru Stadion Barombong. Itu kesepakatannya. InsyaAllah setelah itu kita sama-sama review Stadion Barombong," ungkap Danny.

Danny juga membantah jika usulannya membangun Stadion Barombong ditolak.

"Tidak ditolak itu, karena Mattoanging prioritas. pokoknya arahan beliau biar konsentrasi (Pembangunan) Mattoanging dulu begitu disampaikan tadi," tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Danny juga menjawab pertanyaan media terkait dengan kesiapan anggaran pembangunan stadion Barombong sebesar Rp100 miliar di APBD Perubahan Kota Makassar 2022.

"Kan belum pi (masuk anggaran APBD) perubahan, Saya stand by saja, yang jelas arahan beliau biarkan dulu konsentrasi Mattoanging supaya Mattoanging jadi," tutupnya.

Komentar