Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Suara.com Ajak Media Lokal Jawab Tantangan Media Siber di Indonesia

Muhammad Yunus Rabu, 21 September 2022 | 17:05 WIB

Suara.com Ajak Media Lokal Jawab Tantangan Media Siber di Indonesia
Pimpinan Redaksi (Pimred) Suara.com, Suwarjono (@kutubdotid)

Local Media Summit 2022

SuaraSulsel.id - Tantangan yang dihapi media lokal di Indonesia beragam. Mulai teknologi, model bisnis, distribusi, monetisasi, investasi, dan konten.

”Untuk menghadapi berbagai aspek tantangan tersebut, kami bekerjasama dengan International Media Support (IMS) menyelenggarakan Local Media Summit 2022,” kata Pemimpin Redaksi Suara.Com, Suwarjono, Rabu 21 September 2022.

Media siber lokal di Indonesia menghadapi berbagai tantangan pada berbagai aspek. Mulai dari kapasitas bisnis, teknologi, ekosistem media, dan peningkatan kualitas konten.

Modal mandiri yang terbatas, teknologi yang sederhana, serta model bisnis yang juga terbatas adalah kondisi kondisi yang dihadapi oleh pengelola media lokal di Indonesia.

Baca Juga: Ucapan Shin Tae-yong Soal Sepakbola Indonesia Makin Kuat Disorot Media Vietnam, Ada Apa?

Menurutnya, Local Media Summit 2022 yang akan diselenggarakan pada 27-28 Oktober 2022 di Jakarta merupakan pertemuan para pengelola media lokal dari lintas sektor, lintas lembaga, organisasi media yang pertama di Indonesia.

”Dalam helatan ini, para pengelola media lokal akan berjumpa dengan media investors, big advertisers, donors, government agencies, platforms. Termasuk berbagai perusahaan yang peduli akan keberlangsungan media yang melayani arus informasi lokal,” katanya.

Peserta Local Media Summit 2022 secara umum terbagi dua kelompok, yakni pengelola media lokal dan stakeholder bisnis media.

Setidaknya akan diikuti sekitar 300 pengelola media lokal setingkat CEO dan Pemimpin Redaksi. Dan 100 peserta dari kalangan investor media, big advertisers, donor, lembaga pemerintah, swasta, serta platform.

Inisiatif Suara.Com dalam mendukung pengembangan media local diapresiasi oleh International Media Support (IMS) sebuah Lembaga yang berbasis di Denmark.

Baca Juga: Polisi Sita Puluhan Tengkorak Diruang Rahasia Ferdy Sambo "Ternyata Hoaks" !

Program Manager IMS Indonesia, Eva Danayanti mengungkapkan Local Media Summit 2022 dapat dikatakan sebagai puncak dari berbagai inisiatif dan kolaborasi Suara.com dan berbagai media local dalam beberapa tahun ini.

“Puncak pertemuan ini menjadi ruang belajar dan kolaborasi untuk mengembangkan kapasitas bisnis media lokal. Sehingga dapat terus mengemas dan mendistribusikan beragam informasi pada berbagai isu, utamanya kepentingan publik atau audiennya,” papar Eva.

Local Media Summit 2022 dikemas untuk menjawab kebutuhan media lokal dan stakeholdernya. Bagi kalangan media lokal dapat membuka peluang dan membangun jejaring dengan media investors, big advertisers, donors, government agencies, serta platforms. Kemudian memperkenalkan berbagai produk dan layanannya pada berbagai kalangan yang lebih luas.

Menurut Suwarjono, dalam Local Media Summit 2002 para media lokal juga dapat berjumpa dengan para ahli dalam membahas berbagai isu dan tantangan yang mereka hadapi dalam pengembangan newsroom dan bisnisnya.

“Tak hanya bagi media, Local Media Summit 2022 juga dapat member banyak manfaat bagi kalangan advertisers, donor, lembaga pemerintah, lembaga swasta dan Platforms. Antara lain membangun hubungan dengan berbagai media lokal di seluruh Indonesia. Mendapatkan pemahaman dan karakter dari berbagai media lokal. Dan tentunya dapat memahami fokus isu, produk, layanan serta audien dari berbagai media local,” paparnya.

Agenda utama Local Media Summit 2022 meliputi Knowledge & Experience Sharing, Tech, Platform & Distribution, serta Connecting, Collaboration & Networking. Yang dikemas dalam bentuk konferensi, workshop, coaching clinic, gala dinner, hall of fame, dan networking session.

Pada Local Media Summit 2022 akan terdapat dua konferensi sebagai pembuka dan penutup acara. Pembuka bertajuk, Future of Local Media: Business, Viability, and Audience.

Mengeksplorasi lanskap media lokal berdasarkan situasi terakhir, disrupsi teknologi, dan bagaimana masa depannya. Sedangkan konferensi penutup bertajuk, Reinventing Local Media: Finding opportunities and overcoming the challenges. Mengeksplorasi ide-ide model bisnis media lokal dan mencari peluang media sebagai bagian dari usaha kecil dan menengah (UKM).

Sementara itu, untuk topik-topik workshop meliputi; Strategi Pendanaan bagi Startup Media, Mencari Model Bisnis untuk Media Lokal. Mengemas dan monetisasi konten video, dan Keamanan Digital bagi Media Lokal. Lalu Teknologi mendasar dan penting bagi media digital.

Topik workshop lainnya adalah Transformasi Digital pada Media Berbasis Cetak, Optimasi Media Sosial dan SEO untuk distribusi dan monetisasi konten. Kemudian terdapat dua sesi kolaborasi ide antara media lokal dan stakeholdernya.

Pertama pengembangan model bisnis berbasis koperasi kolaboratif. Kedua adalah kolaborasi dalam informasi publik untuk audiensnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait