Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

41 Siswa Kolaka Utara Tumbang Saat Upacara HUT Kemerdekaan RI

Muhammad Yunus Rabu, 17 Agustus 2022 | 19:38 WIB

41 Siswa Kolaka Utara Tumbang Saat Upacara HUT Kemerdekaan RI
Tim kesehatan mencatat 41 orang siswa tumbang. Saat upacara Hari Ulang Tahun atau HUT Republik Indonesia ke-77 di Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, Rabu 17 Agustus 2022 [telisik.id]

Banyak peserta yang tidak sarapan pagi

SuaraSulsel.id - Tim kesehatan mencatat 41 orang siswa tumbang. Saat upacara Hari Ulang Tahun atau HUT Republik Indonesia ke-77 di Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara.

Siswa berasal dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan barisan anggota pramuka.

Pantauan Telisik.id -- jaringan Suara.com, satu peserta harus mendapat perawatan intensif di dalam mobil ambulance PSC 119 Dinas Kesehatan Kolaka Utara.

Tiga pelajar lainnya diistrahatkan di dalam mobil ambulance milik Polres Kolaka Utara.

Baca Juga: Upacara di Sungai, Tenaga Kebersihan Kota Batu Bawa Cangkul dan Sapu Lidi

Sementara puluhan siswa lainnya dan satu orang ASN dievakuasi di tepi Lapangan Aspirasi Lasusua oleh tim PSC 119 dan tim kesehatan Polres Kolaka Utara. Untuk mendapat penanganan medis.

Menurut penanggung jawab tim kesehatan Polres Kolaka Utara, Muhlis, hampir setiap perayaan HUT RI terjadi hal serupa. Tapi momen HUT RI tahun ini disebut paling banyak yang pingsan.

"Ini upacara belum selesai sementara sudah 35 orang siswa ditambah 1 ASN dievakuasi keluar barisan upacara," katanya, Rabu (17/8/2022).

Sebagai langkah sigap, tim medis Polres Kolaka Utara dan PSC 119 memberikan air mineral, mengontrol tekanan darah, memberikan alkohol untuk dihirup, dan mengusap fresh care roll on kepuluhan siswa.

Ketua PSC 119 Dinas Kesehatan Kolaka Utara, Nahdatul Ulama mengatakan, mereka yang tumbang mengeluh pusing dan mual dan mayoritas anggota pramuka.

Baca Juga: HUT RI Malah Pasang Bendera Inggris, Emak-Emak Salting: Pikirku Merah Putih Juga

"Mungkin mereka kelelahan atau fisik yang kurang bagus karena sebelumnya mereka mengikuti perkemahan dalam rangka memperingati HUT dan bisa juga belum sarapan," ujarnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait