facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jemaah Haji Dihimbau Fokus Ibadah, Jangan Banyak Belanja di Mekkah dan Madinah

Muhammad Yunus Senin, 27 Juni 2022 | 13:59 WIB

Jemaah Haji Dihimbau Fokus Ibadah, Jangan Banyak Belanja di Mekkah dan Madinah
72.092 calon haji (Calhaj) tiba di Arab Saudi hingga Minggu (26/6) malam [antara]

Jemaah calon haji Kloter 13 berasal dari 3 kabupaten di provinsi Sulawesi Barat

SuaraSulsel.id - Kloter 13 dengan jumlah jemaah sebanyak 393 orang diterima Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi Makassar di Wisma Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar, Senin 27 Juni 2022.

Jemaah calon haji Kloter 13 berasal dari 3 kabupaten di provinsi Sulawesi Barat. Kabupaten Polewali Mandar, Majene, dan Mamasa. 

Asisten III Pemprov Sulbar Jamil Barambangi mengapresiasi layanan yang diberikan PPIH embarkasi Makassar dalam menyambut dan menerima kloter 13.

Jamil Barambangi meminta agar senantiasa menjaga kekompakan dan kebersamaan.

Baca Juga: Embarkasi Solo Telah Berangkatkan 12.215 Calon Jamaah Haji ke Tanah Suci

"Petugas PHD, petugas kesehatan dan petugas kloter, ketua regu dan ketua rombongan harus kompak serta proaktif kengontrol kondisi jemaahnya. Tidak boleh jalan dan beribadah sendiri-sendiri," pintanya.

Selaku dhuyufarrahman, kata dia, jemaah haji harus mengedepankan kebersamaan dan senantiasa menjaga nama baik serta reputasi Sulbar.

"Utamakan kebersamaan. Jangan membuat masalah apalagi percekcokan diantara jemaah. Karena itu akan mengurangi nilai ibadah kita," tandasya.

Ketua PPIH embarkasi Makassar Khaeroni segala fasilitas yang disediakan oleh PPIH, mulai dari layanan petugas kesehatan, akomodasi, konsumi, layanan kebersihan dan layanan transportasi bisa digunakan jemaah.

Selanjutnya Khaeroni berpesan kepada seluruh JCH agar selama di tanah suci senantiasa bertalbiyah dengan penuh kekhusyukan sembari berdoa dari hati yang tulus.

Baca Juga: Jadwal Kedatangan Jemaah Haji Indonesia di Bandara Jeddah Senin 27 Juni 2022

"Rugi satu bulan di Mekah dan Madinah jika hanya untuk belanja. Beribadah dan berdoalah dengan khusyuk. Doa jangan pernah putus. Insyaallah doa-doanya akan terkabulkan," katanya.

Khaeroni juga meminta kepada jemaah agar menjaga kekompakan serta ketaatan dalam menjalankan ibadah, bahkan secara khusus berpesan agar jemaah mengurangi kegiatan belanja selama di tanah suci.

Berdasarkan jadwal yang dirilis oleh PPIH embarkasi Makassar, Kloter 13 rencananya akan diberangkatkan dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar menuju ke Bandara Internasional King Abdul Azis Jeddah pada tanggal 28 Juni 2022 pukul 05.15 WITA.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait