facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Garuda Indonesia Bimbing Jemaah Calon Haji Cara Cebok Pakai Tissu di Pesawat

Eviera Paramita Sandi Sabtu, 25 Juni 2022 | 13:09 WIB

Garuda Indonesia Bimbing Jemaah Calon Haji Cara Cebok Pakai Tissu di Pesawat
Ilustrasi toilet pesawat. (Shutterstock)

Mengenai penggunaan fasilitas di pesawat seperti toilet, secara detai Indar menjelaskan tahapan-tahapannya, terutama jika JCH ingin buang air besar.

SuaraSulsel.id - Garuda Indonesia mengajarkan Jemaah haji dalam tata cara menggunakan fasilitas di pesawat selama penerbangan termasuk penggunaan toilet di pesawat saat buang air.

Seperti yang tampak terlihat hari ini, Sabtu 25 Mei 2022 pagi, sebelum digelar prosesi pelepasan Jemaah Calon Haji (JCH) kloter 10 embarkasi Makassar di Aula Mina Asrama Haji Makassar.

Seorang pegawai Maskapai Garuda Indonesia bagian Barang dan Bagasi bernama Indar memberikan bimbingan keselamatan penerbangan seperti tidak mengaktifkan handphone selama penerbangan, tidak membawa benda tajam ke kabin pesawat, tidak membawa makanan basah serta tidak membawa benda cair lebih dari 100 mililiter.

"Jangan bawa makanan seperti burasa, air minum. Makanan dan minuman kami siapkan di pesawat. Begitu juga benda-benda tajam jangan dibawa ke kabin pesawat, seperti pisau, gunting, paku, palu-palu dan alat-alat mandi seperti shampoo, sabun cair dan body lotion dalam botol melebihi 100 mililiter," imbaunya.

Baca Juga: BMKG Prediksi Cuaca Makassar Hari Ini Alami Hujan Ringan

Mengenai penggunaan fasilitas di pesawat seperti toilet, secara detai Indar menjelaskan tahapan-tahapannya, terutama jika JCH ingin buang air besar.

"Ini patut kita perhatikan baik-baik. Mungkin bapak ibu sudah dapat bimbingan ketika memasuki mockup pesawat yang ada di asrama haji Makassar namun tidak ada salahnya saya ulangi lagi", ucapnya.

Disebutkan bahwa toilet pesawat tidak menyiapkan air untuk membersihkan tubuh seusai buang air sehingga penumpang harus menggunakan tissue.

"Toilet di pesawat itu tidak menyiapkan air untuk cebok. Jadi bapak ibu calon jemaah haji harus menggunakan tissu. Pasti serasa aneh karena bapak ibu belum terbiasa. Silahkan ambil tissu yang telah disediakan di toilet, gulung atau lipat kemudian usapkan dari arah belakang setelah buang hajat. usapnya cukup sekali saja. Jangan digosok-gosok", tambahnya menerangkan.

Usai buang air besar, Indar meminta jemaah untuk tidak lupa membuang tissu yang dipakai ditempat yang disediakan, kemudian tekan tombol flush.

"Itu tombolnya ada tulisan flush, tekan, maka kotoran bapak ibu di segera tersedot", jelasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait