facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

IKA Perikanan Unhas Akan Literasi Masyarakat di Pesisir dan Pulau-pulau Kabupaten Pangkep

Muhammad Yunus Kamis, 23 Juni 2022 | 19:30 WIB

IKA Perikanan Unhas Akan Literasi Masyarakat di Pesisir dan Pulau-pulau Kabupaten Pangkep
Mahasiswa KKN Unhas disambut Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau, Kamis 23 Juni 2022 [SuaraSulsel.id/Dokumentasi IKA Perikanan Unhas]

Program yang bersinergi dengan Program Pasti Cerdas Pemerintah Kabupaten Pangkep

SuaraSulsel.id - Ikatan Alumni (IKA) Perikanan Unhas akan menjalankan program literasi. Bagi masyarakat pesisir dan nelayan di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep).

Ketua 3 IKA Perikana Unhas Muhammad Yusuf Halim mengatakan, program literasi telah diluncurkan hari ini. Program yang bersinergi dengan Program Pasti Cerdas Pemerintah Kabupaten Pangkep.

Program Literasi IKA Perikanan Unhas juga akan berkolaborasi dengan Program Kuliah Kerja Nyata tematik mahasiswa Unhas.

"Program literasi perikanan bertujuan meningkatkan kemampuan anak-anak putus sekolah dan anak-anak tidak sekolah yang persentasenya relatif tinggi di wilayah kepulauan," ungkap Yusuf, Kamis 23 Juni 2022.

Baca Juga: Program Profesi Insinyur Fakultas Teknik Unhas Paling Banyak Luluskan Mahasiswa Dapat Penghargaan

Kehadiran program literasi diharapkan mengangkat pengetahuan anak-anak pesisir di zaman tekonologi informasi yang masif.

Program ini menempatkan alumni perikanan sebagai relawan bersama dengan mahasiswa KKN Unhas. Sehingga nantinya program kerja dan pelaksanaannya dapat disinergikan secara optimal.

Diharapkan relawan IKA Perikanan Unhas dapat memetakan kondisi dan permasalahan utama yang dihadapi masyarakat di kepulauan. Khususnya terkait tingginya angka putus sekolah dan anak tidak sekolah.

Selanjutnya akan ditelaah secara mendalam menjadi data. Untuk formulasi program dan kebijakan Pemkab Pangkep. Sebagai alternatif solusi permasalahan di wilayah kepulauan.

"Volunter juga akan bertindak sebagai fasilitator dan supporting program kegiatan mahasiswa KKN Unhas," ungkap Yusuf.

Baca Juga: IKA Perikanan Unhas dan Pemerintah Kabupaten Pangkep Berkolaborasi Dalam Program Literasi di Pulau-pulau

Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lologau mengatakan, program kolaborasi ini agar lebih kongkrit dan nyata bermanfaat. Untuk menciptakan sumber daya manusia dan pengembangan literasi di pulau-pulau.

"Semoga bisa berkelanjutan," kata Yusran.

Dosen Perikanan Unhas mendampingi mahasiswa KKN di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan [SuaraSulsel.id/Istimewa]
Dosen Perikanan Unhas mendampingi mahasiswa KKN di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan [SuaraSulsel.id/Istimewa]

Sebelumnya, Rektor Universitas Hasanuddin, Prof Jamaluddin Jompa secara resmi melepas 3.736 mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Gelombang 108 yang diselenggarakan oleh Pusat Kuliah Kerja Nyata (PKKN) Universitas Hasanuddin.

Kepala PKKN Unhas Muhammad Kurnia dalam sambutannya mengatakan, tahun ini penyelenggaraan KKN mengusung tema besar "Peran Mahasiswa KKN Unhas dalam Peningkatan Perekonomian Masyarakat Melalui Program Desa Inovatif 5.0".

KKN merupakan bagian dari mata kuliah berbasis pengabdian kepada masyarakat. PKKN Unhas terus melakukan inovasi untuk mendukung peran dan keterlibatan mahasiswa melalui kegiatan KKN.

Menurut Kurnia, PKKN Unhas sebagai unit pelaksana teknis juga bertanggung jawab untuk mendukung program Unhas. Misalnya pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

"KKN Gelombang 108 akan berlangsung selama dua bulan. Jumlah mahasiswa peserta KKN sebanyak 3.736 orang, melibatkan pula 137 dosen pendamping. Kegiatan pengabdian dilakukan dalam berbagai skema tematik. Kami berharap, KKN bisa dijadikan momentum oleh para mahasiswa mengambil peran dalam penguatan disiplin ilmu dan membantu masyarakat," jelas Kurnia.

Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa mengatakan bahwa pelaksanaan KKN merupakan proses penguatan keilmuan dan kepekaan mahasiswa terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Jompa mengatakan, sebagai kampus yang mengusung konsep humaniversity, Unhas bukan hanya hadir sebagai menara gading. Akan tetapi, terus berupaya hadir di tengah masyarakat. Salah satunya melalui pelaksanaan KKN.

"KKN bukan hanya untuk menyelesaikan kewajiban SKS, akan tetapi lebih dari hal tersebut. Para mahasiswa diharapkan memiliki semangat dan menjadi bagian dalam memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat. Kehadiran mahasiswa di tengah kehidupan masyarakat akan memberikan dorongan semangat, kolaborasi ini harus terus terjaga," jelas Prof JJ.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait