facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Calon Haji Belajar Menggunakan Toilet Pesawat di Asrama Haji Makassar

Muhammad Yunus Kamis, 23 Juni 2022 | 14:10 WIB

Calon Haji Belajar Menggunakan Toilet Pesawat di Asrama Haji Makassar
Calon haji belajar menggunakan fasilitas pesawat di Asrama Haji Makassar [SuaraSulsel.id/Humas Kemenag Sulsel]

Replika pesawat di Asrama Haji Makassar

SuaraSulsel.id - Jemaah Calon Haji (JCH) embarkasi Makassar bersyukur karena Asrama Haji Makassar telah memiliki sejumlah fasilitas pendukung yang memadai. Termasuk ketersediaan replika pesawat terbang.

Replika pesawat terbang dibangun tahun 2017 ini dibuat mirip dengan rancangan dan ukuran pesawat asli Garuda Indonesia tipe Boeing 777-300-IIR. Replika memiliki kapasitas 90 tempat duduk.

Sekretaris PPIH embarkasi Makassar, Ikbal Ismail yang menerima secara resmi kehadiran JCH kloter 8 di aula Arafah asrama Haji Makassar, Kamis (23/6) pagi mengajak kepada jemaah untuk memanfaatkan replika yang tersedia. Khususnya dalam mematangkan pembimbingan ibadah haji.

"Kita punya mockup pesawat, silahkan digunakan. Mungkin ada dinatara bapak ibu yang belum pernah naik pesawat. Di mockup ini jemaah akan diajarkan bagaimana memahami perangkat keselamatan di pesawat, bagaimana penggunaan toilet. Serta bagaimana cara tayamum di pesawat dan lain sebagainya,” ujarnya.

Baca Juga: Jemaah Calon Haji Diimbau Kenakan Ihram Sejak dari Embarkasi

Ikbal Ismail yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sulsel ini berharap replika pesawat tersebut dimaksimalkan. Sebagai media bimbingan manasik. Meskipun sebelumnya para jemaah telah menerima bimbingan di daerah masing-masing.

"Mockup pesawat ini sangat mirip bahkan persis dengan pesawat aslinya. Makanya diharapkan setelah bimbingan di mockup ini, jemaah sudah familiar dan tidak banyak kendala lagi ketika berada di dalam pesawat saat perjalanan ke tanah suci," pungkasnya.

Berikut rincian jumlah JCH kloter 8 embarkasi Makassar, yaitu Kota Makassar 8 JCH, Kabupaten Takalar 120, Kabupaten Maros 64, Kota Palopo 53, Sulawesi Tenggara 144,  total JCH 393 orang.

Adapun petugas yang mendampingi sebanyak 4 Orang, yaitu Ketua Kloter Abdul Rasak, Pembimbing Ibadah Mubassyir, Petugas Kesehatan dr. Nurrahmi Rauf, Petugas Kesehatan / Perawat Mahyuddin Muntu Badolo, bersama 2 orang Petugas Haji Daerah, yakni Andi Mursalim bersama Junuda Rido Ali Fadly

Pejabat yang hadir pada seremoni penerimaan kloter 8 embarkasi Makassar ini diantaranya Kepala Bidang PHU (Sek. PPIH) Ikbal Ismail, Ketua DPRD Takalar M. Darwis Sijaya, Asisten III Kota Palopo Ishak Iskandar, dan Asisten I Kabupaten Maros Agustam.

Baca Juga: Mengapa Batas Usia Jemaah Haji 2022 Maksimal 65 Tahun? Ini Penjelasannya

Jamaah haji Kloter 8 rencananya akan diberangkatkan dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar menuju ke Bandara Internasional King Abdul Azis Jeddah pada Tanggal, 24 Juni 2022 Pukul 04.20 WITA.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait