facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jalur Alternatif di Bone Mulai Dibuka Untuk Atasi Kemacetan Arus Balik Lebaran

Eviera Paramita Sandi Selasa, 03 Mei 2022 | 08:00 WIB

Jalur Alternatif di Bone Mulai Dibuka Untuk Atasi Kemacetan Arus Balik Lebaran
Pengendara melintas di jalan layang yang menghubungkan Kabupaten Maros dan Kabupaten Bone di Desa Pattunuang, Maros, Sulawesi Selatan, Minggu (20/3/2022). [ANTARA FOTO/Basri Marzuki]

Ia berujar bahwa akses jalan alternatif Koppe-Taretta ini baru saja dilaksanakan perbaikan dan pengaspalan baru

SuaraSulsel.id - Jalur alternatif untuk mengantisipasi kemacetan selama arus balik usai Lebaran pada poros Bone-Makassar di Kecamatan Bengo atau Sumpang Labbu mulai dibuka oleh Pemerintah Kabupaten Bone, Sulsel.

"Pemerintah Daerah Bone menyiapkan akses jalan alternatif bagi pengguna jalan atau kendaraan pribadi di daerah Koppe menuju Taretta dan sebaliknya," kata Sekda Bone Andi Islamuddin saat dikonfirmasi terkait antisipasi arus balik usai Lebaran di Makassar, Sulsel, Senin (2/5/2022).

Ia berujar bahwa akses jalan alternatif Koppe-Taretta ini baru saja dilaksanakan perbaikan dan pengaspalan baru. Hal ini pun menjadi tanggung jawab pemerintah daerah.

Namun demikian untuk dapat mengakses jalan ini hanya dapat dilalui kendaraan pribadi mengingat kondisi badan jalan cukup sempit.

Sedangkan, kendaraan angkut barang atau truk tetap dialihkan menuju akses jalan Sumpang Labbu.

"Penyebab kemacetan yang kerap terjadi di daerah Sumpang Labbu ini akibat kondisi letak geografis jalan berada di pegunungan, sehingga memiliki kelokan sempit," kata Islamuddin.

Tak hanya itu, jalan yang cukup sempit untuk dilalui kendaraan muat barang, sehingga dilakukan pembongkaran barang di lokasi agar dapat melewati jalan tersebut.

Sementara mengenai perbaikan akses jalan rusak di daerah Sumpang Labbu, lanjut dia, kewenangan perbaikan jalan tersebut menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan setelah adanya pengalihan dari pemerintah daerah ke provinsi mengingat akses ini merupakan jalan antardaerah dan provinsi. (ANTARA)

Komentar

Berita Terkait