facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Curug Putri Kencana, Berwisata Menikmati Keindahan Alam di Bogor

Nur Afitria Cika Handayani Selasa, 15 Maret 2022 | 16:47 WIB

Curug Putri Kencana, Berwisata Menikmati Keindahan Alam di Bogor
Seorang pengunjung saat menikmati Curug Putri Kencana. [Instagram dennyirawanphotos via Trevelling Yuk]

Musim kemarau menjadi saat yang tepat untuk berwisata di Curug Putri Kencana. Mata air di kawasan Gunung Pancar akan mengalir dengan jernih.

SuaraSulsel.id - Bogor dikenal sebagai kawasan seribu curug. Ada banyak curug yang dikembangkan menjadi destinasi wisata. Curug Putri Kencana menjadi salah satu yang bisa dipilih. Selain airnya segar, udaranya pun sejuk.

Curug Putri Kencana berada di kawasan wisata Gunung Pancar, tepatnya Desa Karang Tengah, kecamatan Babakan Madang, kabupaten Bogor. Dengan pemandangan sekelilingnya yang indah, Curug Putri Kencana pun turut terangkat.

Nama Curug Putri Kencana ini konon diambil dari sebuah cerita mistis. Warga sekitar kabarnya kerap melihat penampakan seorang wanita cantik, yang diibaratkan sebagai seorang putri, yang menunggangi kereta kencana. 

Mitos inilah yang kemudian membuat curug ini dinamakan dengan Curug Putri Kencana. Meski punya latar cerita mistis, namun Curug Putri Kencana tetap ramai pengunjung yang ingin berwisata untuk melepas penat.

Baca Juga: 5 Curug di Bogor yang Wajib Masuk List Perjalanan Liburan, Salah Satunya Ada Curug Cilember

Keindahan Curug Putri Kencana

Musim kemarau menjadi saat yang tepat untuk berwisata di Curug Putri Kencana. Mata air di kawasan Gunung Pancar akan mengalir dengan jernih pada musim kemarau. Sementara saat musim hujan, air kerap keruh berwarna cokelat.

Air terjun yang datang dari mata air tersebut jatuh dari ketinggian tujuh meter. Air terjun terlihat sangat cantik karena memancur dari sekeliling dinding bebatuan tinggi. Curug Putri Kencana pun terlihat eksotis. 

Curug Putri Kencana (Instagram: wahanacurugputrikencana)
Curug Putri Kencana (Instagram: wahanacurugputrikencana)

Suasana alam di Curug Putri Kencana juga begitu nikmat. Dengan pepohonan hijau di sekelilingnya, udara segar dan sejuk bisa dirasakan para pengunjung. Bunyi-bunyian tak hanya datang dari air terjun, namun juga suara burung liar.

Ketika air yang mengucur jernih, para pengunjung bisa melihat dasar dari kolam alami dengan jelas. Kolam alami ini memiliki kedalaman hingga enam meter. Para pengunjung pun harus berhati-hati ketika bermain di sekitar air terjun.

Baca Juga: Curug Cibaliung, Surga Dunia Kecil yang Tersembunyi di Bogor

Kuliner dan Berkemah

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait