alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

9 Manfaat Air Mawar untuk Wajah, Bisa Awet Muda Hingga Menyembuhkan Luka

Pebriansyah Ariefana Senin, 22 November 2021 | 17:23 WIB

9 Manfaat Air Mawar untuk Wajah, Bisa Awet Muda Hingga Menyembuhkan Luka
Ilustrasi Air Mawar (freepik)

Di dunia, rose water bukanlah sesuatu yang baru dipakai untuk keperluan kecantikan. Air mawar ini dihasilkan dari penyulingan kelopak bunga mawar.

SuaraSulsel.id - Mandi kembang tak selalu horor, sebab air mawar yang direndam mempunyai manfaat untuk kulit. Terutama manfaat air mawar untuk wajah. Berikut ulasan soal manfaat air mawar atau rose water.

Di dunia, rose water bukanlah sesuatu yang baru dipakai untuk keperluan kecantikan. Air mawar ini dihasilkan dari penyulingan kelopak bunga mawar.

Air mawar juga sering dijadikan toner ataupun campuran untuk masker wajah. Dikutip dari Healthline, ini manfaat air mawar untuk wajah:

1. Mengurangi kemerahan pada kulit

Baca Juga: 2 Manfaat Kunyit untuk Wajah, Tak Perlu Boros Beli Kosmetik Mahal

Terlalu sering menggunakan berbagai produk kecantikan bisa menyebabkan iritasi yang menyebabkan kemerahan pada kulit. Air mawar dipercaya dapat memperbaiki dan mengurangi kemerahan pada kulit. Sifat antibakteri dan antiinflamasi pada air mawar juga dapat membantu mengurangi jerawat dan bengkak pada kulit.

2. Meredakan iritasi kulit

Air mawar dipercaya dapat membantu meredakan iritasi pada kulit. Sifat antiinflamasi yang terdapat pada air mawar dapat membantu mengobati berbagai penyakit pada kulit, seperti eksim atau rosacea.

3. Menyembuhkan luka

Sifat antiseptik dan antibakteri pada air mawar dapar menyembuhkan luka lebih cepat, seperti, luka bakar, luka potong, dan lain-lain.

Baca Juga: 4 Manfaat Air Beras untuk Wajah, Bikin Kulit Kinclong dan Cegah Penuaan Dini

4. Mengandung antioksidan

Kelopak dan minyak mawar mengandung antioksidan yang kuat sehingga dapat membantu mencegah kerusakan sel. Studi menemukan bahwa antioksidan pada air mawar memiliki efek penghambatan peroksidasi lipid potensial, yang akan memberikan perlindungan pada sel sehingga menjadi kuat.

5. Membuat awet muda

Air mawar memiliki sifat antiaging, sehinggadapat membantu mengurangi kerutan dan membuat kulit tampak awet muda. Oleh karena itu, banyak produk kecantikan yang menggunakan air mawar sebagai salah satu bahan bakunya.

Manfaat lair air mawar juga dibahas Insidepontianak yang merupakan jaringan Suara.com:

1. Sifat anti-penuaan

Kandungan yang tinggi pada air mawar adalah vitamin A dan vitamin C, di mana kedua jenis vitamin ini sering dianggap sebagai vitamin anti-penuaan. Air mawar dapat membantu memudarkan hiperpigmentasi kulit dan meminimalisir munculnya kerutan halus, bahkan stretch mark.

2. Mencegah dan mengobati jerawat

Jerawat menjadi salah satu momok bagi setiap perempuan. Jerawat biasanya timbul karena produksi minyak berlebih pada wajah ataupun pemakaian make up yang tidak tepat. Cara mengguanakn air mawar untuk mencegah dan mengobati jerawat pun cukup mudah, cukup dengan menggunakan air mawar sebagai toner setiap hari. Selain mengobati jerawar, air mawar juga bisa menyamarkan bekasnya.

3. Meredakan peradangan wajah

Dalam sebuah studi di tahun 2011 berjudul “Antioxidant and potential anti-inflammatory activity of extracts and formulations of white tea, rose, and witch hazel on primary human dermal fibroblast cells” menemukan bahwa air mawar membantu meringankan kemerahan dan iritasi yang disebabkan oleh rosacea.

Cara pengobatannya pun cukup mudah, tuangkan air mawar pada kapas dan tepuk perlahan di area yang terkena rosacea. Cara ini juga aman digunakan pada kulit sensitif dan dapat digunakan untuk menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari.

4. Menghidrasi kulit

Salah satu kunci kulit wajah yang sehat berada pada kelembapannya. Selain dengan meminum banyak cairan, salah satu cara melembapkan kulit adalah dengan menggunakan air mawar. Caranya, cukup semprotkan air mawar ke seluruh permukaan wajah. Eits tapi perlu diingat bahwa air bunga mawar tidak bisa dijadikan pengganti pelembab wajah.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait