facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

2 Manfaat Kunyit untuk Wajah, Tak Perlu Boros Beli Kosmetik Mahal

Pebriansyah Ariefana Senin, 22 November 2021 | 17:05 WIB

2 Manfaat Kunyit untuk Wajah, Tak Perlu Boros Beli Kosmetik Mahal
Ilustrasi kunyit putih. (Pixabay/Joseph Mucira)

Kunyit juga merupakan salah satu bahan rempah yang sangat jitu untuk menenangkan peradangan dan meredakan jerawat.

SuaraSulsel.id - Tak hanya untuk jamu, khasiat kunyit juga untuk wajah. Kunyit masih menyimpan banyak manfaat, termasuk untuk kecantikan. Berikut manfaat kunyit untuk wajah.

Kunyit merupakan salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Kunyit tergolong dalam kelompok jahe-jahean, Zingiberaceae. Kunyit dikenal di berbagai daerah dengan beberapa nama lokal di antaranya seperti turmeric (Inggris), kurkuma (Belanda), kunyit (Indonesia dan Malaysia), janar (Banjar), kunir (Jawa), koneng (Sunda), huni (Bima), konyè' (Madura), Kunyir (Komering). Cahang (Dayak Panyambung), Dio (Panihing), Uinida (Talaud), Kuni (Sangir), Alawaha (Gorontalo), dan masih banyak sebutan unik tersebar dari wilayah Indonesia mengingat indonesia memiliki beragam wilayah dan bahasa.

Kunyit juga digunakan sebagai obat anti gatal, anti septik dan anti kejang serta mengurangi pembengkakan selaput lendir mulut. Kunyit dikonsumsi dalam bentuk perasan yang disebut filtrat, juga diminum sebagai ekstrak atau digunakan sebagai salep untuk mengobati bengkak dan terkilir. Kunyit juga berkhasiat untuk menyembuhkan hidung yang tersumbat, caranya dengan membakar kunyit dan menghirupnya untuk memperlancar pernapasan.

Dilansir dari laman Cosmopolitan, kunyit bisa menghilangkan flek hitam membandel dan mencerahkan kulit wajah. Bahkan, kunyit juga merupakan salah satu bahan rempah yang sangat jitu untuk menenangkan peradangan dan meredakan jerawat.

Baca Juga: 4 Manfaat Air Beras untuk Wajah, Bikin Kulit Kinclong dan Cegah Penuaan Dini

Berikut ada beberapa cara membuat masker kunyit dan manfaat kunyit untuk wajah:

1. Meredakan jerawat

Anda bisa membuat masker kunyit untuk mengatasinya. Kamu hanya perlu mempersiapkan dua sendok makan bubuk kunyit, satu sendok makan tepung beras, dan satu sendok makan madu.

Bagi kamu yang mempunyai tipe kulit berminyak, bisa tambahkan dua sendok makan yogurt atau susu. Caranya, campur semua bahan menjadi satu, lalu aplikasikan masker selama 15 hingga 20 menit. Kemudian bilas hingga bersih, setelah itu kamu bisa memakai pelembap wajah.

2. Memudarkan flek hitam

Baca Juga: Manfaat Cuka Apel untuk Wajah: Jadi Toner, Cegah Jerawat Hingga Cegah Iritasi Kulit

Flek hitam di wajah memang sangat mengganggu. Pasti kita akan mencoba berbagai cara untuk membuat flek hitam hilang dari wajah kita.

Masker kunyit bisa membantu kamu mengatasi masalah kecantikan ini. Siapkan dua sendok makan tepung, satu sendok teh bubuk kunyit, satu sendok makan minyak almond, allu tiga sendok makan susu.

Campur semua bahan, aduk rata hingga tercampur dan menjadi pasta. Lalu pakai di seluruh wajah. Diamkan hingga 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

Demikian informasi manfaat kunyit untuk wajah.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait