facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Menolak Tua Hingga Peremajaan Kulit, Ini 5 Manfaat Lemon untuk Wajah

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 19 November 2021 | 15:32 WIB

Menolak Tua Hingga Peremajaan Kulit, Ini 5 Manfaat Lemon untuk Wajah
Ilustrasi jeruk lemon [Shutterstock].

Cara penggunaan lemon sebagai perawatan juga cukup mudah, dan dapat kamu coba kapan saja di rumah.

SuaraSulsel.id - Manfaat lemon untuk kulit wajah dapat digunakan untuk mewujudkan penampilan lebih glowing menyehatkan. Bagaimana tidak, kandungan asam sitrat, anti oksidan, dan AHA serta bermacam vitamin di dalamnya bagus untuk memelihara kesehatan kulit wajah.

Cara penggunaan lemon sebagai perawatan juga cukup mudah, dan dapat kamu coba kapan saja di rumah.

Berikut Manfaat lemon bagi kulit wajah:

1. Mencegah penuaan dini

Baca Juga: 3 Manfaat Putih Telur untuk Wajah, Bye-bye Jerawat!

Kulit mengerut dan timbul bitnik-bintik hitam merupakan tanda penuaan dini. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena dengan lemon kamu dapat mencegahnya.

Kandungan vitamin C pada lemon, berfungsi sebagai antioksidan yang mampu merangsang pembentukan kolagen sebagai penangkal radikal bebas penyebab penuaan dini.

Caranya, usapkan lemon pada daerah dengan binik-bintik hitam. Kandungan lemon yang menyerap ke dalam wajah akan membuat kulit tampak lebih kencang.

2. Menyamarkan bekas jerawat

Kandungan alpha hydrocy acid (AHA) di dalam perasan lemon, terbukti ampuh menyamarkan bekas jerawat. Tidak hanya itu saja, asam sitrat di dalamnya juga memiliki sifat eksfolian yang dapat melepaskan sel-sel kulit mati.

Baca Juga: Benarkah Hanya Orang Kulit Berminyak yang Rawan Mengalami Maskne?

Cara menyamarkan bekas jerawat dengan lemon adalah usapkan lemon pada kulit wajah, dan diamkan selama 10 menit. Lakukan secara rutin, sampai bekas jerawat memudar.

3. Mengurangi minyak wajah

Salah satu manfaat lemon untuk wajah adalah megurangi produksi minyak berlebih dengan kandungan asam sitrat yang memiliki fungsi menyerupai astringent.

Caranya, usapkan kapas yang telah diberi perasan lemon. Setelah itu, bilas menggunakan air mengalir. Lakukan secara berkala.

4. Mencerahkan wajah

Wajah cerah alami merupakan dambaan setiap orang. Nah, salah satu usaha yang dapat kamu lakukan untuk mendapat kulit wajah cerah adalah rutin mengkonsumsi jus lemon serta menggunakannya sebagai masker.

Kandungan asam sitrat dan vitamin C pada buah berwarna kuning ini, berkhasiat untuk mencerahkan kulit wajah.

5. Membersihkan komedo

Meski kecil, komedo tetap saja menjadi salah satu hal paling dibenci saat muncul di kulit wajah. Namun, dengan kandungan asam sitrat pada lemon, komedo akibat sisa sel kulit mati ini bisa kamu bersihkan.

Caranya, oleskan air perasan lemon pada kulit wajah dengan komedo menggunakan cotton bud. Lakukan secara rutin sampai komedo terlihat mulai menghilang.

Demikian manfaat lemon untuk wajah.

(Hillary Sekar Pawestri)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait