facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Maros Tawarkan Lukisan Tertua di Dunia dan Kerangka Manusia Purba Jadi Objek Wisata

Muhammad Yunus Jum'at, 19 November 2021 | 05:00 WIB

Maros Tawarkan Lukisan Tertua di Dunia dan Kerangka Manusia Purba Jadi Objek Wisata
Kerangka manusia purba Toaleans. [Livescience]

Fakta terbaru terkait penemuan lukisan tertua di kawasan karst

SuaraSulsel.id - Bupati Maros Chaidir Syam menyampaikan fakta terbaru terkait penemuan lukisan tertua di kawasan karst, Leang-leang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan saat menjadi pembicara Webinar Road to Indonesia Digital Conference (IDC) 2021.

Diskusi digelar secara virtual diikuti lebih dari 300 peserta.

“Lukisan yang diperkirakan ada sejak 45 ribu tahun lalu, lanjutnya telah mengalahkan lukisan tertua sebelumnya yang ada di Spanyol,” ujarnya, Kamis (18/11/2021).

Temuan lainnya juga diungkapkan Chaidir terkait penemuan deoxyribonucleic acid (DNA) yang materi genetik manusia tertua di Leang Panning, Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Kera Langka di Kawasan Taman Kars Bantimurung Maros Terancam Punah

"Usianya diprediksi lebih dari 7.500 tahun. Ini temuan yang banyak ditunggu-tunggu para arkeolog dunia," kata Chaidir dalam Virtual Meeting yang dimoderasi Wakil Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah Syamsu Rijal di Makassar, Kamis, 18 November 2021.

Chaidir berharap Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia bisa membantu menyebarkan fakta-fakta arkeologi dunia itu ke masyarakat.

“Kami membutuhkan dukungan media untuk makin memperkuat literasi mengenai dua hal itu. Dua-duanya mengguncang dunia, terutama kalangan arkeolog di seluruh penjuru bumi,” ucap Chaidir.

Hadir dalam diskusi ini Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, Ketua DPP Asosiasi General Manager Hotel Indonesia (IHGMA) Arya Pering Arimbawa.

Sedangkan pembicara utama Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Provinsi Sulsel Amson Padollo mewakili Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel.

Baca Juga: Ribuan Anggota Tarekat Khalwatyah Samman Berkumpul Rayakan Maulid Nabi Muhammad di Maros

Bupati Luwu Utara Indah Putri juga menyampaikan berbagai daya tarik wisata yang tersembunyi di daerahnya seperti bukit teletubbies di Kecamatan Seko, Luwu Utara.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait