facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kenali Ciri-ciri Kucing Hamil, Mulai dari Makin Nafsu Makan Hingga Air Susu Keluar

Risna Halidi Sabtu, 13 November 2021 | 09:57 WIB

Kenali Ciri-ciri Kucing Hamil, Mulai dari Makin Nafsu Makan Hingga Air Susu Keluar
Ilustrasi Kucing . (pexels.com/2558605)

Penting bagi pemilik kucing mengetahui ciri-ciri kucing hamil.

SuaraSulsel.id - Ciri-ciri kucing hamil, penting untuk diketahui pemiliknya agar selama fase tersebut majikan tidak salah langkah dalam merawat kucing.

Sebagai orang awam, banyak yang belum mengetahui kapan tepatnya kucing betina birahi. Umumnya, kucing betina mengalami gejala birahi pertama kali saat usianya menginjak 6 bulan. Meski sudah birahi sejak usia 6 bulan, namun, sebaiknya mengawinkan kucing betina saat usianya diatas 1 tahun.

Periode kehamilan kucing sendiri adalah 58-63 hari, atau sekitar 9 minggu. Ciri-ciri kucing hamil umumnya akan terlihat dari puting yang semakin memerah dan membesar. Ciri-ciri tersebut menandakan jika kehamilan telah menginjak 15-18 hari.

Namun, perlu diketahui, bahwa kemerahan dan pembengkakan pada putting kucing bukan menjadi pertanda kehamilan saja, akan tetapi, juga bisa menjadi gejala dari penyakit tertentu.

Baca Juga: Viral Aksi Kucing Tak Perbolehkan Owner Kerja sampai Diajak Diskusi, Bikin Gemas!

Lalu bagaimana mengetahui ciri-ciri kucing hamil yang benar? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Ilustrasi kucing (Elements Envato)
Ilustrasi kucing (Elements Envato)

1. Nafsu Makan Meningkat

Ciri-ciri kucing hamil yang pertama adalah nafsu makan yang meningkat. Sama seperti manusia, kucing juga membutuhkan sumber energy dan kalori ekstra untuk bayi yang tengah dikandung. Kucing biasanya akan makan 1,5 kali lebih banyak dari makanan normalnya. Dokter hewan biasanya menyarankan untuk memberikan makanan khusus pada kucing yang sedang hamil dan menyusui.

2. Muntah-Muntah

Muntah-muntah menjadi ciri-ciri kucing hamil selanjutnya. Mirip seperti manusia, kucing betina akan mengalami mual disaat pagi hari ketika sedang hamil. Kucing hamil akan mengalami muntah-muntah yang biasanya berlangsung sesekali dalam waktu yang lama.

Baca Juga: 3 Langkah Mudah Cegah Kucing Kencing di Atas Kasur, Begini Caranya

3. Perut dan Putting Membesar

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait