alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Admin Media Sosial KKB Papua Ditangkap

Muhammad Yunus Rabu, 03 November 2021 | 14:30 WIB

Admin Media Sosial KKB Papua Ditangkap
Yentinus Kogoya, penerjemah KKB Yahukimo pimpinan Tendius Gwijangge [Humas Polda Papua]

Yentinus Kogoya adalah penerjemah Kelompok Kriminal Bersenjata pimpinan Tendius Gwijangge

SuaraSulsel.id - Yentinus Kogoya alias Kumis (29 tahun) ditangkap saat hendak membeli bensin bersama temannya berinisial BG (19 tahun), di Jalur 3 Paradiso, Kota Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, Selasa 2 November 2021.

Yentinus Kogoya adalah penerjemah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Tendius Gwijangge di Kota Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua. Tim gabungan menangkap Kumis sekitar pukul 11.02 WIT.

Mengutip KabarPapua.co -- jaringan Suara.com, penangkapan terhadap Yentinus berawal saat aparat gabungan melakukan patroli di seputar wilayah Kota Dekai, Yahukimo.
Pada saat patroli personel gabungan menerima informasi bahwa salah satu kelompok KKB Nduga sedang berada di Kota Dekai.

Dari informasi itu, aparat langsung melakukan penyelidikan di wilayah pemukiman Jalur 3 Kota Dekai. Saat itu, aparat mendapati Yentinus sedang berboncengan dengan BG dan hendak membeli bensin.

Baca Juga: LPSK Turun Ke Kiwirok Lindungi 8 Nakes Korban Serangan Teroris KKB Papua

Dalam penangkapan, aparat mengamankan sebutir peluru kaliber 45 ACP, selongsong peluru kaliber 5,56 mm, serta Kartu Tanda Penduduk (KTP) atas nama Nus Haselo, Stephanus Pangalerang, Rutin Silakan, dan Delius Gwijangge.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal mengatakan, penangkapan terhadap Yentinus terkait beberapa aksi kejahatan di Yahukimo yang mengakibatkan 4 orang meninggal dunia.

“Yentinus Kogoya sudah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Polres Yahukimo sejak Juni 2021. Dia bersama temannya saat ini masih menjalani pemeriksaan oleh Satuan Reskrim Polres Yahukimo,” terang Kamal dalam rilis, Rabu 3 November 2021.

Dari hasil pemeriksaan awal, ungkap Kamal, Yentinus Kogoya telah berada di Kota Dekai selama 4 tahun dengan bekerja di sebuah tambang kawasan Kali I, Kabupaten Yahukimo, Papua.

Dalam aksinya, Yentinus berperan sebagai penerjemah, penghubung dan bermain dalam media sosial.

Baca Juga: Diduga akan Dipasok untuk Teroris KKB, Polri Selidiki Temuan 600 Butir Amunisi di Timika

“Yang bersangkutan (Yentinus) juga terlibat dalam acara bakar batu di Kali Braza yang dihadiri oleh kelompok KKB Yahukimo pimpinan Tendius Gwijangge,” ungkapnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait