alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sinopsis Film Gie: Catatan Sang Demonstran

Dythia Novianty Jum'at, 22 Oktober 2021 | 10:20 WIB

Sinopsis Film Gie: Catatan Sang Demonstran
Sinopsis Film Gie. [Mola TV]

Sinopsis Film Gie.

SuaraSulsel.id - Sinopsis Film Gie. Film Gie diadaptasi dari sebuah buku berjudul Catatan Seorang Demonstran karya Soe Hok Gie.

Buku tersebut merupakan kumpulan dari catatan harian seorang intelektual muda Indonesia, Soe Hok Gie yang ia tulis ketika berumur 15-27 tahun (1957-1969).

Soe Hok Gie banyak mengutarakan kegelisahannya terhadap pemerintah pada masa orde baru. Melalui kata-kata yang selalu memercikan api semangat perjuangan aktivis atau anak-anak muda masa itu.

Semangat perjuangan dan rasa cinta Gie terhadap Indonesia membuatnya sebagai pribadi yang tidak toleran terhadap ketidakadilan.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Buku Seru di iPusnas, Mulai dari Cerpen hingga Esai

Sosok Gie dikenal sebagai orang yang jujur, ulet, dan tak mengenal kompromi serta cukup idealis.

Idealismenya ini membuat banyak orang-orang di sekitar Gie menjauh tidak terkecuali perempuan yang Gie cintai.

Soe Hok Gie. [Wikipedia]
Soe Hok Gie. [Wikipedia]

Gie sangat vokal dalam mengkritik rezim yang berkuasa kala itu, tulisan-tulisan Gie yang dimuat oleh berbagai media seperti Harian Kami, Kompas Harian, Sinar Harapan, Mahasiswa Indonesia, dan Indonesia Raya membuat para politikus gerah.

Dalam kekacauan dunia, tempat terbaik bagi Gie untuk melarikan diri adalah alam.

Alam menjadi sahabat sekaligus menjadi tempatnya untuk menenangkan diri. Hingga di akhir hayatnya nya pun Soe Hok Gie dikenang sebagai aktivis yang meninggal di puncak Semeru karena keracunan gas.

Baca Juga: Sinopsis Film Gie: Catatan Seorang Demonstran

Karakter Gie diperankan oleh aktor muda, Nicholas Saputra dengan para pemeran lainnya seperti Lukman Sardi, Sita Nursanti, Christian Audi, Wulan Guritno, Thomas Y Nawilis, dan Jonathan Mulia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait