alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hari Pertama Tes CPNS Pemprov Sulsel, 308 Orang Dinyatakan Gugur

Muhammad Yunus Selasa, 14 September 2021 | 14:57 WIB

Hari Pertama Tes CPNS Pemprov Sulsel, 308 Orang Dinyatakan Gugur
Hari pertama tes CPNS Pemprov Sulsel di Gedung CCC Makassar, Selasa 14 September 2021 [SuaraSulsel.id / Lorensia Clara Tambing]

Seleksi Kompetensi Dasar CPNS hari pertama

SuaraSulsel.id - Ratusan peserta Calon pegawai Negeri Sipil atau CPNS Pemprov Sulsel dinyatakan gugur. Pada Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) hari pertama. Dari 1.200 peserta yang terdaftar, ada 308 yang tidak hadir.

Petugas IT BKN Regional Makassar Yefta Gracian merinci, hari pertama SKD, peserta dibagi ke dalam tiga sesi. Setiap sesi diikuti 600 peserta.

Pada sesi pertama, seleksi hanya dihadiri 488 orang. 110 diantaranya tidak hadir dan dua tercatat terlambat.

Sementara sesi kedua dihadiri oleh 500 peserta. 106 tidak hadir dan 4 orang dinyatakan terlambat.

Baca Juga: Materi Soal SKD CPNS 2021, Lengkap! TWK, TIU dan TKP

Pada sesi ketiga ada 504 peserta yang hadir. 96 orang dinyatakan langsung gugur karena tidak hadir tanpa konfirmasi.

Yefta mengatakan enam orang yang terlambat langsung dinyatakan gugur. Selain itu pihaknya juga menemukan ada peserta yang tidak memenuhi syarat.

"Tidak memenuhi syarat karena tidak membawa dokumen yang dipersyaratkan. Seperti KTP asli, KK asli dan keterangan perekaman dari Dukcapil kalau tidak punya tanda pengenal," ujar Yefta, Selasa 14 September 2021.

Yefta mengatakan, tidak ada kendala berarti pada tes SKD hari pertama di Sulsel. Termasuk tidak ditemukannya praktik perjokian.

Badan Kepegawaian Nasional (BKN) sendiri sudah menggunakan face recognition atau pendeteksi wajah untuk mengantisipasi praktik kecurangan pada seleksi CPNS tahun ini. Hasilnya diklaim sangat efektif.

Baca Juga: Ratusan Peserta Tes CPNS di Kediri Tak Hadir, Penyebabnya Belum Jelas

"Walaupun kurang dari lima persen kita periksa secara manual karena tidak terbaca sistem wajahnya. Ada yang beda rambutnya, dan lebih gemukan. Tapi kita periksa manual dan pastikan tetap orangnya yang ikut," jelas Yefta.

Ia pun mengimbau kepada peserta yang akan mengikuti SKD agar bisa datang tepat waktu pada tes selanjutnya. Kemudian, yang dinyatakan positif Covid agar segera melapor.

"Karena ini juga hari pertama, kami imbau agar tidak ada yang terlambat besok. Yang positif juga kami minta segera melapor," katanya.

Seperti diketahui, tes SKD akan digelar dari tanggal 14 September hingga 10 Oktober 2021. BKN mencatat ada 47.648 peserta yang akan ikut SKD di gedung Celebes Convention Center (CCC).

Kontributor : Lorensia Clara Tambing

Baca Juga

Berita Terkait