alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Anies Baswedan Sebut Andi Amran Sulaiman dan SYL Berpotensi Ikut Pilpres 2024

Muhammad Yunus Jum'at, 10 September 2021 | 14:09 WIB

Anies Baswedan Sebut Andi Amran Sulaiman dan SYL Berpotensi Ikut Pilpres 2024
Muhammad Ramli Rahim, Ketua Umum Jaringan Nasional Mileanies 24 bertemu Anies Baswedan di Jakarta [SuaraSulsel.id / Dokumentasi Mileanis 24]

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo dan mantan Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman

SuaraSulsel.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut sejumlah nama asal Sulawesi Selatan. Disebut punya potensi ikut bertarung dalam pemilihan presiden 2024. Dua tokoh yang disebut adalah Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo (SYL) dan mantan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

Hal ini diungkapkan Muhammad Ramli Rahim, Ketua Umum Jaringan Nasional Mileanies 24. Usai bertemu Anies Baswedan di Jakarta.

"Anies sempat membincangkan tokoh-tokoh potensial dari timur Indonesia. Dua nama yang mengemuka adalah Amran Sulaeman dan Syahrul Yasin Limpo," ungkap Ramli, Jumat 10 September 2021.

Amran Sulaiman dan Syahrul Yasin Limpo dianggap sebagai "The Next JK". Sebagai representasi luar Jawa dan representasi Sulsel. Sebagai provinsi dengan jumlah penduduk terbesar di luar Jawa dan Sumatera.

Baca Juga: Anies Didesak Pecat dan Pidanakan Petugas Dishub Pemalak Rombongan Peserta Vaksin

Index Indonesia merilis hasil survei terbaru terkait peluang keterpilihan bakal calon presiden dan wakil presiden jelang pemilu 2024 dari wilayah Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan (Pamasuka). Dengan jumlah pemilih kurang lebih 30 juta orang.

Menurut Index Indonesia, daerah Pamasuka adalah wilayah elektoral penting dan strategis. Dalam dua periode pemilihan sebelumnya merupakan daerah yang menjadi kunci kemenangan Jokowi. Baik ketika berpasangan dengan Jusuf Kalla maupun ketika berpasangan dengan Ma’ruf Amin.

Yang menarik adalah nama Andi Amran Sulaiman merupakan salah satu figur yang cukup menonjol. Mewakili suara dari Indonesia Timur sebagai calon wakil presiden.

Andi Amran disebut menempati elektabilitas tertinggi. Dibanding beberapa tokoh dari timur lainnya seperti Syahrul Yasin Limpo dan Anis Matta.

Pada survei ini, dari 3 besar bakal calon presiden, nama Prabowo memperoleh elektabilitas tertinggi dengan 37,0 persen, disusul Anies Baswedan dengan 31,9 persen dan Ganjar Pranowo 25,5 persen.

Baca Juga: Meski Ditahan, PA 212 Yakin HRS Punya Kekuatan Politik di Pilpres 2024

Sedangkan untuk 3 besar bakal calon wakil presiden ditempati Agus H. Yudhoyono 55,5 persen yang merepresentasikan Jawa, Muhaimin Iskandar 15,3 persen yang juga merepresentasikan Jawa dan Andi Amran Sulaiman 9,3 persen yang merepresentasikan Indonesia Timur.

Nama yang juga cukup menonjol adalah Tito Karnavian yang merepresentasikan Sumatera.

Survei Index Indonesia ini dilakukan dari tanggal 22 hingga 31 Agustus 2021 dengan responden 1000 orang, margin error, 3,3 persen, tingkat kepercayaan 95 persen dengan multistage random sampling.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait