facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Begini Dahsyatnya Banjir Bandang di Sigi Sulawesi Tengah Tadi Malam

Muhammad Yunus Senin, 30 Agustus 2021 | 05:02 WIB

Begini Dahsyatnya Banjir Bandang di Sigi Sulawesi Tengah Tadi Malam
Warga membersihkan material akibar banjir bandang menerjang Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Minggu (29/8) malam [SuaraSulsel.id / Antara]

Banjir bandang disertai hujan intensitas sedang hingga lebat

SuaraSulsel.id - Banjir bandang menerjang Desa Rogo, Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, Minggu malam 29 Agustus 2021. Banjir bandang terjadi di Dusun Satu dan Dusun Dua Desa Rogo sekitar pukul 18.30 Wita.

Kepala Desa Rogo Fuad Hudin mengatakan, banjir bandang disertai hujan intensitas sedang hingga lebat itu terjadi akibat luapan air di salah satu sungai di Desa Rogo.

"Hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan air di sungai Desa Rogo meluap mengakibatkan tanggul jebol sehingga terjadi banjir bandang yang membawa material kayu dan batuan ke permukiman penduduk," katanya.

Hingga Senin dini hari, permukiman penduduk masih terendam material lumpur yang terbawa banjir bandang. Warga masih bergotong royong membersihkan rumah yang terendam lumpur.

Baca Juga: Kapolda Sulteng Patroli Udara Pantau Gerakan Sisa Kelompok Teroris di Poso

"Akibat banjir bandang tersebut, dua jembatan tidak bisa dilalui karena putus. Untungnya banjir bandang ini tidak menyebabkan warga meninggal dunia dan tidak ada warga yang luka-luka," ucapnya.

Saat ini, kata Fuad, warga sangat membutuhkan alat berat untuk mempercepat pembersihan material banjir dari permukiman dan menghubungkan kembali dua jembatan yang putus.

Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, mengerahkan alat berat untuk mengatasi dampak banjir bandang yang menerjang Desa Rogo.

Dampak banjir bandang tersebut, rumah warga di Dusun I dan Dusun IV yang terdampak banjir bandang rusak, material lumpur yang terbawa banjir bandang menutupi rumah warga.

Material lain, seperti bebatuan hingga pepohonan, juga terbawa banjir bandang dan menutupi permukiman penduduk.

Baca Juga: Korban Banjir Bandang dan Tanah Longsor di Turki Bertambah, Tembus 38 Jiwa

"Malam ini kami persiapan alat ke Desa Rogo, besok (hari ini) sudah di lokasi banjir bandang," kata Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sigi Eddy Mills.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait