facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Begini Cara Petugas Kebersihan Kota Bitung Meriahkan Hari Kemerdekaan RI

Muhammad Yunus Senin, 16 Agustus 2021 | 18:14 WIB

Begini Cara Petugas Kebersihan Kota Bitung Meriahkan Hari Kemerdekaan RI
Petugas kebersihan Kota Bitung memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 dengan tajuk TPS Kinclong atau TPS Bersih [BeritaManado.com]

Membersihkan Tempat Pembuangan Sementara

SuaraSulsel.id - Belasan mobil pengangkut sampah berjalan menuju Batas Kota Kelurahan Sagerat Kecamatan Matuari. Membersihkan Tempat Pembuangan Sementara (TPS).

Menurut salah satu pengawas petugas kebersihan, Yuniati Wawoh, aksi itu dilakukan memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 dengan tajuk TPS Kinclong atau TPS Bersih.

“Jadi ini adalah aksi dari buruh sampah utamanya armada pengangkut sampah dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan,” kata Yuniati kepada BeritaManado.com -- jaringan Suara.com, Senin 16 Agustus 2021.

Yuniati mengatakan, beberapa hari sebelum aksi itu digelar, pihaknya bersama petugas kebersihan berdiskusi untuk menggelar kegiatan dalam rangka Hari Kemerdekaan. Tercetus ide untuk membuat TPS di sepanjang jalan protokol Kota Bitung benar-benar bersih.

Baca Juga: Curhat Penjual Bendera Sejak Era 80-an: Tahun Ini Nyaris Tidak Ada Pembeli

“Aksi TPS Kinclong ini dimulai dari Batas Kota hingga ke Aertembaga dan armada dibagi dua kelompok yakni ada yang melewati jalan utama serta Jalan SH Sarundajang atau 46,” katanya.

Tidak hanya mengangkat sampah, namun dalam aksi itu kata dia, TPS benar-benar dibuat bersih dengan melakukan penyemprotan menggunakan Damkar untuk membersihkan kotoran sisa sampah.

“Biasanya buruh hanya mengangkut sampah rumah tangga, namun kali ini semua sampah dibersihkan termasuk material puing bangunan dengan harapan warga tidak membuang material di TPS,” katanya.

Dirinya berharap dengan aksi itu, masyarakat betul-betul ikut menjaga kebersihan dengan mentaati jam buang sampah di TPS serta tidak asal membuang sampah, utamanya material.

“Mari dukung TPS Kinclong agar kota ini benar-benar “merdeka” dari sampah dengan taat membuang sampah sesuai jam yang ditentukan,” katanya.

Baca Juga: Ini Bangunan Bersejarah di Kota Solo yang Menjadi Saksi Bisu Kemerdekaan RI

Aksi buruh sampah ini diapresiasi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkot Bitung, Sadat Minabari yang menyatakan sangat mensuport aksi pembersihan TPS sepanjang jalan protokol.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait