alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Terungkap Manfaat Tersembunyi Energi Panas Bumi di Indonesia

Muhammad Yunus Kamis, 05 Agustus 2021 | 05:50 WIB

Terungkap Manfaat Tersembunyi Energi Panas Bumi di  Indonesia
Produksi panas bumi

Panas bumi tidak hanya menghasilkan listrik tetapi juga mengurangi emisi

SuaraSulsel.id - Manfaat tersembunyi panas bumi terungkap. Panas bumi tidak hanya menghasilkan listrik tetapi juga mengurangi emisi dan mengoptimalkan sumber daya energi lokal.

"Geothermal juga ikut berkontribusi dalam pembangunan daerah,” kata Manager Government and Public Relation Pertamina Geothermal Energy (PGE) Sentot Yulianugroho dalam keterangannya di Jakarta, Rabu 4 Agustus 2021.

Pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) berperan mengurangi emisi gas buang karbon dioksida, sehingga bisa menciptakan lingkungan yang bersih dari polusi.

Berdasarkan perhitungan versi carbon neutral calculator, pengurangan gas rumah kaca bahkan telah mencapai 14,91 juta ton karbon dioksida per tahun.

Baca Juga: Jumlah Panas Bumi Meningkat Lebih Cepat, Picu Suhu Lautan Naik Hingga Kutub Mencair

Jumlah itu diperoleh dari kapasitas PLTP di Indonesia sebesar 2.130,6 Megawatt.

"PGE yang sudah mengoperasikan pembangkit listrik geotermal sejak hampir lima dekade sudah turut mengurangi berjuta-juta ton gas karbon dioksida," ujar Sentot.

PGE sebagai bagian dari subholding Pertamina New Renewable Energy (NRE) memiliki kapasitas pembangkit listrik panas bumi sebesar 672 megawatt yang mengurangi 3,6 juta ton karbon dioksida per tahun.

Menurut Sentot, partisipasi pengurangan karbon dioksida merupakan khazanah penyelamatan lingkungan dari ancaman perubahan iklim dunia.

Saat ini PGE mengelola tujuh proyek dalam kerangka Clean Development Mechanism (CDM), enam di antaranya terdaftar di United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCC).

Baca Juga: Permukaan Danau Kelimutu Turun, Pemprov NTT Minta Vulkanolog Teliti

Pengoperasian pembangkit panas bumi secara tak langsung telah memberi dampak positif dari sisi ekonomi makro melalui penghematan devisa, karena energi magma dapat mengurangi impor migas untuk bahan bakar pembangkit listrik tenaga diesel.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait