alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Puncak Hujan Meteor Diperkirakan Terjadi Hari Ini, Begini Cara Melihat

Muhammad Yunus Jum'at, 30 Juli 2021 | 05:31 WIB

Puncak Hujan Meteor Diperkirakan Terjadi Hari Ini, Begini Cara Melihat
Hujan meteor Eta Akuarid. [Earthsky]

Hujan Meteor Delta Akuarid diperkirakan akan mencapai puncak meteor

SuaraSulsel.id - Hujan Meteor Delta Akuarid diperkirakan akan mencapai puncak meteor pada hari ini 30 Juli 202.

Hujan Meteor Delta Akuarid mulai aktif sejak 12 Juli, hingga 23 Agustus 2021. Selama periode ini akan ada peluang untuk melihat meteor di konstelasi Akuarius.

Dilansir dari suara.com perkiraan Hujan Meteor Delta Akuarid ini baru dapat diamati pukul 19:55 WIB, saat titik pancarannya naik di atas ufuk timur.

Sedangkan tampilan terbaiknya hanya bisa disaksikan pada jam-jam sekitar pukul 02:00 WIB. Namun Hujan Metor ini masih bisa diamati sekitar pukul 05:40 WIB, saat fajar mulai menyingsing.

Baca Juga: Nikmati Hujan Meteor Alfa Capricornid dan Delta Aquarid di Akhir Juli

Pancaran hujan meteor ini diperkirakan akan muncul pada ketinggian puncak 80 derajat di atas cakrawala. Agar bisa menyaksikannya dengan jelas, pengamat harus berada di lokasi yang sangat gelap.

Ilustrasi hujan meteor (Shutterstock).
Ilustrasi hujan meteor (Shutterstock).

Pengamat dapat berbaring terlentang dan melihat ke tengah, antara cakrawala dan 45 derajat dari Akuarius, untuk dapat menemukan pancaran dari Hujan Meteor.

Objek yang menghasilkan Delta Akuraid ini dipercaya oleh para ahli, kemungkinan besar berasal dari jejak puing-puing yang ditinggalkan oleh Komet 96P Machholz, yang mengorbit matahari sekali setiap lima tahun.

Baca Juga

Berita Terkait