alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

2 WNA Asal Belanda Berhasil Masuk Gorontalo Saat Pemberlakuan PPKM

Muhammad Yunus Kamis, 22 Juli 2021 | 16:46 WIB

2 WNA Asal Belanda Berhasil Masuk Gorontalo Saat Pemberlakuan PPKM
WNA berkebangsaan Belanda berhasil masuk ke Gorontalo, di tengah perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, Rabu 21 Juli 2021 [gopos.id]

WNA berkebangsaan Belanda berhasil masuk ke Gorontalo

SuaraSulsel.id - Dua Warga Negara Asing atau WNA berkebangsaan Belanda berhasil masuk ke Gorontalo, di tengah perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

Sebelumnya 6 WNA asal Cina masuk ke Gorontalo. Kedua WNA asal Belanda tersebut sampai di Bandara Jalaluddin Gorontalo pada Rabu siang, (21/7/2021).

Informasi yang diperoleh gopos.id, kedua WNA asal Belanda itu masing-masing adalah Joep Hufman, laki-laki berusia 37 tahun dengan nomor paspor NX5PR38J7, dan Annemarie perempuan berusia 38 tahun dengan nomor paspor BYPHB8K33.

Keduanya berangkat dari Jakarta, dan tiba di Gorontalo melalui penerbangan Garuda Indonesia. WNA Belanda tersebut diketahui berasal dari Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Baca Juga: 4 Bansos Selama PPKM Lengkap Cara Cek, Ada Rp 600 Ribu per KK dan Rp 1,2 Juta untuk UMKM

Informasi yang dihimpun gopos.id, keberadaan dan motif keduanya berkunjung di Gorontalo, belum diketahui pasti. Saat ini pihak Imigrasi Kelas A Gorontalo masih melakukan penelusuran lebih lanjut.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly mengatakan tenaga kerja asing yang sebelumnya datang ke Indonesia sebagai bagian dari proyek strategis nasional tidak lagi bisa masuk ke Indonesia.

"Tenaga kerja asing yang sebelumnya datang sebagai bagian dari proyek strategis nasional atau dengan alasan penyatuan keluarga, kini tak bisa lagi masuk ke Indonesia," kata Menkumham Yasonna Laoly melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu 21 Juli 2021.

Hal tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham) Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pembatasan Orang Asing Masuk ke Wilayah Indonesia Dalam Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat.

Perluasan pembatasan orang asing yang masuk ke Indonesia ini dilakukan dalam rangka menekan penyebaran COVID-19.

Baca Juga: Rugi Puluhan Miliar dan PHK Ratusan Karyawan, Begini Kondisi Sektor Pariwisata di KBB

Kendati demikian, dalam Permenkumham tersebut disebutkan orang asing yang boleh masuk ke Indonesia hanya pemegang visa diplomatik dan visa dinas, pemegang izin tinggal diplomatik dan izin tinggal dinas, pemegang izin tinggal terbatas dan izin tinggal tetap.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait