alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Unhas Masuk QS World University Ranking, Jadi Perguruan Tinggi Kelas Dunia

Muhammad Yunus Rabu, 09 Juni 2021 | 15:41 WIB

Unhas Masuk QS World University Ranking, Jadi Perguruan Tinggi Kelas Dunia
Direktur Komunikasi Unhas Suharman Hamzah / [SuaraSulsel.id / Unhas]

Universitas Hasanuddin tercatat berada pada kelompok 1001 1200

SuaraSulsel.id - Universitas Hasanuddin atau Unhas tercatat dalam jajaran universitas kelas dunia versi QS World University Ranking (WUR).

Berdasarkan informasi yang dirilis oleh QS Top Universities 2022, Universitas Hasanuddin tercatat berada pada kelompok 1001 – 1200. Capaian ini merupakan hasil dari perjuangan panjang yang dilakukan, untuk memenuhi mandat dan visi Unhas sebagai World Class University.

Direktur Komunikasi Unhas Suharman Hamzah menjelaskan selama empat tahun terakhir, Unhas berjuang untuk dapat tercatat dalam ranking QS WUR.

Selama ini, capaian Unhas adalah tercatat pada QS Asia University Ranking (AUR), dan baru kali ini berhasil masuk dalam QS WUR.

Baca Juga: Unhas dan Pemprov Sulsel Sediakan Layanan Swab Antigen Gratis Bagi Pemudik

“Ini adalah hasil yang sangat membanggakan, sekaligus melegakan. Selama empat tahun kita berusaha keras memenuhi standar dan kriteria agar dapat tercatat dalam QS WUR. Metode yang digunakan oleh QS agar suatu perguruan tinggi dapat masuk dalam WUR sangat menantang. Alhamdulillah, kita berhasil memenuhi standar tersebut,” kata Suharman, Rabu 9 Juni 2021.

QS WUR menerapkan metode yang spesifik, yang melibatkan enam indikator. Masing-masing indikator mempunyai bobot yang berbeda. Keenam indikator dan bobotnya adalah:

1. Academic peer review (40%), yaitu pandangan akademisi global terhadap suatu perguruan tinggi. Data indikator ini diperoleh melalui survei independen yang dilakukan oleh QS.

2. Faculty/Student Ratio (20%), yaitu rasio dosen dan mahasiswa, yang diukur berdasarkan data aktual. Hal ini menunjukkan komitmen perguruan tinggi dalam menciptakan proses pembelajaran yang seimbang.

3. Citations per faculty (20%), yaitu pengukuran terhadap impak dari hasil-hasil penelitian yang dihasilkan suatu perguruan tinggi, yang dilihat dari angka sitasi artikel karya sivitas akademiknya.

Baca Juga: Unhas : Tiga Hulu Sungai Luwu Utara Alami Kemerosotan

4. Employer reputation (10%), yaitu reputasi dari alumni yang bekerja pada berbagai sektor, dimana data diperoleh dari survei yang dilakukan QS terhadap pekerjaan para alumninya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait