alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Fakta Rukyatul Hilal : Baru Satu Kali Hilal Terlihat di Sulsel

Muhammad Yunus Selasa, 13 April 2021 | 13:55 WIB

Fakta Rukyatul Hilal : Baru Satu Kali Hilal Terlihat di Sulsel
Tim Hisab Rukyat Kantor Wilayah (Kanwil) Agama Provinsi DKI Jakarta memantau hilal awal Ramadhan 1441 H di atap Gedung Kanwil Agama DKI Jakarta, Jatinegara, Jakarta, Kamis (23/4). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Ketinggian hilal hampir 5 derajat

SuaraSulsel.id - Kepala Bidang Urais Kanwil Kemenag Sulsel H Rappe mengatakan, kemarin ada 87 rukyatul hilal atau pemantauan hilal di seluruh Indonesia.

Termasuk di Sulawesi Selatan, Kantor Kemenag Sulawesi Selatan melaui Seksi Kemasjidan, Hisab Rukyat, dan Pembinaan Syariah Bidang Urusan Agama Islam (Urais) melaksanakan pemantauan hilal di atas Gedung Mal GTC Jalan Metro Tanjung Bunga Kota Makassar.

"Mudah-mudahan ada salah satu atau beberapa yang melihatnya. Namun sepanjang sejarah, baru satu kali terlihat di Sulsel. itu pun ketinggian hilal hampir 5 derajat," kata Rappe, mengutip laman berita Kementerian Agama, Selasa 13 April 2021.

Kegiatan diikuti pihak dari berbagai unsur. Antara lain Kepala BMKG Makassar, Ketua Badan Hisab Rukyat, Kanwil Kemenag Sulsel, Pimpinan Ormas Islam seperti NU, Muhammadiyah, dan Wahdah Islamiyah, Biro Kesra Provinsi Sulsel, UIN Alaudin, dan Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Kabupaten dan Kota di Sulsel.

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Makassar Selasa 13 April 2021

Berdasarkan data pengamatan dengan menggunakan teropong bintang Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Makassar, hasil perhitungan menunjukkan :
1. Matahari terbenam di Makassar tanggal 12 April 2021 terjadi pada pukul 18.03 WITA
2. Tinggi lihat hilai 3° 13' 46'.
3. Azimut matahari 278° 47' 57' dihitung dari Utara ke Selatan.
4. Azimut bulan 277° 05' 16' dihitung dari Utara ke Selatan
5..Posisi hilal 1° 42' 41' sebelah selatan matahari
6. Lama hilal diatas ufuk 0' 14m

Adapun tahapan penentuan 1 Ramadhan, menurut Kabid Urais ini adalah melalui sidang isbat berdasarkan laporan dari titik-titik pemantauan yang sempat melihat hilal.

"Ini yang menjadi dasar bagi pemerintah dalam hal ini Menteri Agama untuk menetapkan dan mengumumkan 1 Ramadhan itu jatuh pada hari apa," ungkapnya.

Meski di Kota Makassar petugas tidak mampu melihat hilal. Namun di daerah lain di Indonesia, hilal sempat terlihat.

Dengan merujuk pada data-data perhitungan posisi matahari dan ijtima terbenamnya, disimpulkan bahwa 1 Ramadhan 1442 H jatuh pada hari Selasa tanggal 13 April 2021.

Baca Juga: Puluhan Ketua RT dan RW di Makassar Menolak Dinonaktifkan

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait