alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Warga Desa di Sulawesi Jadi Jutawan Saat Pandemi, Begini Kisahnya

Muhammad Yunus Jum'at, 02 April 2021 | 14:55 WIB

Warga Desa di Sulawesi Jadi Jutawan Saat Pandemi, Begini Kisahnya
Desa Amba Kumina, Kecamatan Laea, Kabupaten Konawe Selatan / [Telisik.id]

Warga Desa Amba Kumina, Kecamatan Laea, Kabupaten Konawe Selatan tidak mau berlarut-larut terpuruk

SuaraSulsel.id - Warga Desa Amba Kumina, Kecamatan Laea, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara tidak mau berlarut-larut terpuruk karena pandemi Covid-19.

Desa dengan jumlah 146 kepala keluarga ini berusaha bangkit dan berhasil membangun ekonomi keluarga di saat daerah lain mengalami krisis.

Warga Desa Amba Kumina kini mendapatkan penghasilan yang fantastis di tengah pandemi Covid-19. Setiap kepala keluarga mampu menghasilkan uang Rp 15 juta setiap bulan.

Rahasianya diungkapkan Kepala Desa Amba Kumina, Sahlan Tawulo. Sahlan mengatakan, sejak mewabahnya virus corona, warga desa sangat terpuruk. Khususnya masalah ekonomi.

Baca Juga: Sebuah Paket Kardus Mencurigakan di Makassar Diamankan Tim Gegana

Semua hasil bumi yang dipanen warga tidak membuahkan hasil maksimal. Hasil pertanian dan perkebunan yang dibawa ke pasar tidak laku.

Kepala Desa Sahlan Tawulo kemudian melakukan inovasi, mengubah sistem pertanian warganya dengan menggunakan pola tanam jangka menengah. Warga diminta bercocok tanam nilam.

Dengan menggunakan dana desa, Sahlan mengumpulkan seluruh warga untuk mengelola lahan Hutan Tanaman Industri (HTI) yang sebelumnya diperjuangkan menjadi APL (Areal Penggunaan Lain ) untuk dikelola oleh warga. Lahan dimanfaatkan untuk menanam nilam.

Di lahan seluas 290 Ha, setiap KK memperoleh lahan seluas 2 (dua) hektare. Bibit nilam diberikan secara gratis.

Setiap 2 Hektare lahan, dibagi menjadi delapan blok dengan delapan kali penanaman. Hingga pada saat blok kedelapan selesai ditanam, blok pertama dapat dipanen.

Baca Juga: BNPT Maksimalkan Deradikalisasi Napi dan Simpatisan Terorisme di Sulsel

Setiap blok mampu menghasilkan 14 Kg minyak nilam. Dengan harga per kilo Rp 450 ribu. Hingga setiap KK bisa mendapatkan penghasilan Rp 15 juta setiap bulan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait