alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Unhas Klaim Kampus Pertama di Indonesia yang Vaksinasi Seluruh Dosen

Muhammad Yunus Selasa, 09 Maret 2021 | 08:32 WIB

Unhas Klaim Kampus Pertama di Indonesia yang Vaksinasi Seluruh Dosen
Unhas melakukan vaksinasi dosen di Gelanggang Olah Raga JK Arenatorium, Kampus Unhas Tamalanrea, Senin 9 Maret 2021 / [SuaraSulsel.id / Unhas]

Universitas Hasanuddin mengklaim sebagai kampus pertama di Indonesia yang memberikan vaksinasi Covid-19 untuk seluruh dosen

SuaraSulsel.id - Universitas Hasanuddin mengklaim sebagai kampus pertama di Indonesia yang memberikan vaksinasi Covid-19 untuk seluruh dosen dan tenaga kependidikan (tendik).

Kegiatan vaksinasi dosis pertama telah berlangsung sejak Kamis (4/3/2021) hingga Senin (8/3/2021), bertempat di Gelanggang Olah Raga JK Arenatorium, Kampus Unhas Tamalanrea, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Direktur Komunikasi Unhas Suharman Hamzah menjelaskan, penyelenggaraan vaksinasi bagi dosen dimaksudkan sebagai bentuk dari komitmen dalam mendukung target vaksinasi nasional mencapai kekebalan kelompok. Sebagai upaya menekan laju penyebaran Covid-19.

"Selama tiga hari, yaitu Kamis, Jumat, dan Senin, sejumlah 2.546 dosen dan tenaga kependidikan Unhas telah mengikuti vaksinasi. Sebelumnya, pada tanggal 1 Februari lalu, kita juga telah melakukan vaksinasi kepada dosen dan tendik dari fakultas klaster kesehatan sebanyak 786 orang. Dengan demikian, sebanyak 3.332 dosen dan tendik Unhas telah divaksinasi,” kata Suharman.

Baca Juga: Akibat Penggumpalan Darah, Pasien Covid-19 Pria Bisa Ereksi Berjam-Jam

Unhas menargetkan seluruh dosen dan tendik sebanyak 3.687 orang akan diberikan vaksin.
Akan tetapi dari hasil skrining, terdapat sekitar 10% dosen dan tendik yang belum dapat diberikan vaksinasi.

Penyebabnya macam-macam, ada yang tekanan darahnya tinggi, atau karena ada penyakit, atau pernah terkonfirmasi positif Covid-19 kurang dari tiga bulan terakhir.

“Selain dosen dan tendik, kita juga telah memberikan vaksinasi kepada lebih 1.500 mahasiswa koas dan dokter residen. Jadi, jumlah sivitas akademika Unhas yang telah divaksinasi sangat signifikan,” kata Suharman.

Pemberian vaksinasi yang diselenggarakan oleh Unhas merupakan kolaborasi dan dukungan pemerintah, khususnya Dinas Kesehatan Kota Makassar dan Provinsi Sulawesi Selatan.

Unhas sebagai lembaga pendidikan memperoleh kesempatan awal melaksanakan vaksinasi tahap dua bagi tenaga pelayan publik dalam hal ini dosen dan tenaga kependidikan.

Baca Juga: Jatah Terbatas, 5 OPD di Bantul Belum Terdaftar Penerima Vaksin Covid-19

“Kami melakukan komunikasi intensif dengan pemerintah, khususnya Dinas Kesehatan Kota, Provinsi dan Kementerian Kesehatan. Alhamdulillah, Unhas berhasil memperoleh kesempatan pertama untuk tahap vaksinasi bagi pelayanan publik. Ini juga adalah bagian dari upaya kita mempersiapkan diri menghadapi perkuliahan tatap muka langsung jika pemerintah telah mengijinkan,” kata Suharman.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait