alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Manfaat Kesehatan Soda Kue, dari Maag hingga Menghilangkan Bau Ketiak

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni Kamis, 21 Januari 2021 | 15:48 WIB

5 Manfaat Kesehatan Soda Kue, dari Maag hingga Menghilangkan Bau Ketiak
Ilustrasi baking soda (Pixabay/DominicSchraudolf)

Soda kue memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang mungkin belum Anda tahu.

SuaraSulsel.id - Tak hanya digunakan untuk membuat makanan, soda kue rupanya juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Di antaranya termasuk mencegah bau mulut dan menghilangkan sariawan yang menyakitkan di mulut.

Soda kue dikenal sebagai soda bikarbonat di Inggris, yang merupakan alternatif murah untuk produk pembersih yang mahal.

Bikarbonat dalam soda kue ini bagus untuk menghilangkan noda dan bau tak sedap. Selain itu, bikarbonat juga diklaim bermanfaat bagi kesehatan.

Beberapa orang melaporkan memiliki gigi yang lebih putih setelah menggunakan soda kue secara teratur. Sementara, orang lainnya mengatakan soda kue membantunya meningkatkan kinerja atletik.

Baca Juga: Kandungan Nikotin di Rokok Bisa Halau Virus Corona? Begini Faktanya

Berikut ini dilansir dari Express, beberapa cara soda bikarbonat dalam soda kue bisa meningkatkan kesehatan Anda.

Ilustrasi sakit perut, asam lambung, mulas, diare (Pixabay/derneuemann)
Ilustrasi sakit perut, asam lambung, mulas, diare (Pixabay/derneuemann)

1. Maag

Soda kue diklaim bisa menetralkan asam lambung dengan mengatasi penyebabnya. Caranya, cukup larutkan satu sendok teh soda kue ke dalam segelas air dingin dan minum campuran itu secara perlahan. Tapi, Anda harus menghindari minum soda kue secara teratur karena bisa menyebabkan beberapa masalah jantung.

2. Kulit yang gatal

Mandi dengan soda kue membantu mengatasi kulit yang gatal akibat gigitan serangga atau sengatan lebah. Caranya, ambil 1-2 cangkir soda kue untuk dimasukkan ke dalam bak berisi air hangat yang digunakan mandi.

Baca Juga: Pakar Imunologi Jelaskan Pentingnya Skrining Sebelum Vaksinasi Virus Corona

3. Makanan bersih

Jika Anda khawatir dengan peptisida di sayuran dan buah, soda kue cocok untuk membersihkannya. Anda bisa melarutkan soda kue ke dalam air untuk membersihkan atau merendam sayuran dan buah yang hendak dikonsumsi.

4. Olahraga

Beberapa orang menggunakan soda kue untuk meningkatkan performa olahraganya. Karena, soda kue memiliki pH tinggi yang membantu menunda kelelahan. Selain itu, soda kue mencegah kelelahan berkembang yang artinya Anda bisa terus olahraga lebih lama.

5. Deodoran

Soda kue bisa berfungsi sebagai deodoran yang ideal secara alami. Karena, soda kue bisa membantu menghilangkan bau keringat dengan membuat baunya tidak terlalu asam.

Cara memakainya, cobalah tepuk-tepuk soda kue ke ketiak Anda dan lihatlah perbedaannya setelah beberapa hari rutin memakainya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait