alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Rumah Sakit Zaman Belanda Ini Jadi Lokasi Vaksinasi Perdana di Sulsel

Muhammad Yunus Rabu, 13 Januari 2021 | 15:46 WIB

Rumah Sakit Zaman Belanda Ini Jadi Lokasi Vaksinasi Perdana di Sulsel
Rumah Sakit Khusus Daerah Dadi Makassar. [Terkini.id]

Gubernur Sulsel dan sejumlah Forkopimda akan disuntik vaksin Covid-19 besok

SuaraSulsel.id - Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Dadi Makassar ditunjuk sebagai salah satu tempat vaksinasi di Sulsel. 14 orang penerima vaksin pertama di Sulsel akan disuntik di tempat ini.

Sampai sekarang Rumah Sakit (RS) Dadi lebih dikenal dengan RS jiwa. Dilansir dari dokumen Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala Provinsi Sulsel, RSKD Dadi dibangun pada tahun 1920 dengan nama Krankzinnig Gestricht.

Rumah sakit ini dulunya hanya dijadikan tempat untuk menampung pasien sakit jiwa di bawah pengawasan seorang dokter.

Pada tahun 1948, barulah menjadi RS umum atau rumah sakit pemerintah yang pertama di Makassar.

Baca Juga: Gubernur Sulsel, Pangdam, dan Kapolda Dilarang Begadang Sebelum Vaksinasi

Transformasi Rumah Sakit Dadi dari tahun ke tahun cukup bagus. Pada tahun 2008, rumah sakit yang terletak di Jalan Lanto Daeng Pasewang nomor 34 ini juga dijadikan pusat pelayanan stroke (stroke center).

Begitu pun dengan struktur bangunan yang terus direnovasi dengan sedemikian rupa. Menjadikan RS Dadi menjadi salah satu rumah sakit andalan milik Pemprov Sulsel.

RS Dadi sejauh ini merawat 500 pasien jiwa. Kebanyakan rawat jalan. Di saat yang sama, RS ini juga dijadikan pusat rujukan Covid-19 sejak Maret 2020 lalu.

Direktur RS Dadi Arman Bausat mengatakan pihaknya merawat ratusan pasien Covid. Namun, ia menjamin tidak berpengaruh terhadap lokasi vaksinasi.

Sterilisasi ruangan untuk lokasi vaksin sudah dilakukan. Gedung perawatan pasien Covid dan lokasi vaksin juga berbeda. Pihak RS sudah menyiapkan empat ruangan untuk lokasi vaksin.

Baca Juga: Ini 14 Orang Pertama di Sulsel yang Beruntung Akan Disuntik Vaksin Sinovac

"Insyaallah kami menjamin aman karena gedungnya berbeda," kata Arman.

Selain sudah disterilkan, penerapan protokol kesehatan seperti tempat cuci tangan, pengukuran suhu tubuh, pengaturan kursi di ruangan juga diatur sedemikian rupa untuk menjaga jarak.

Arman mengatakan pihaknya sudah sangat siap dijadikan lokasi vaksinasi. Apalagi yang pertama akan divaksin adalah Gubernur, forkopimda dan tokoh masyarakat.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Sulsel Nurul AR menambahkan jadwal vaksinasi untuk penerima vaksin pertama esok akan digelar pukul 09.00 wita. Sama seperti Presiden RI, Joko Widodo, vaksinasi juga akan dilakukan secara live di Sulsel.

Vaksin juga baru akan didistribusikan ke RS Dadi sejam sebelum vaksinasi dimulai. Ruang penyimpanan yang dikhawatirkan tidak representatif jadi alasannya.

Kontributor : Lorensia Clara Tambing

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait