facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

KKB Papua Bakar Pesawat Sambil Menembak ke Udara, Disaksikan Warga

Muhammad Yunus Jum'at, 08 Januari 2021 | 13:59 WIB

KKB Papua Bakar Pesawat Sambil Menembak ke Udara, Disaksikan Warga
Ilustrasi: Pesawat perintis Aviastar yang hilang kontak dalam perjalanan dari Bandara A. Jemma Masamba ke Makassar [foto Twitter Aviastar: @aviastar1]

Pembakaran pesawat MAF di Papua terdeteksi oleh Basarnas

SuaraSulsel.id - Pembakaran pesawat MAF di Papua terdeteksi oleh Basarnas. Kemudian menyampaikan kepada Yayasan MAF di Nabire untuk mengecek pesawat PK-MAX yang dipiloti Kapten Pilot Alex Luferchek.

“Hari ini, dikirimkan helikopter Vida dari Bandara Wamena untuk mengevakuasi pilot pesawat MAF PK -MAX dari Kampung Tekai,” ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal.

Kamal mengatakan, saat ini Polres Nabire telah melakukan koordinasi dengan Polres Intan Jaya untuk menuju ke lokasi kejadian, karena kejadian tersebut terjadi di wilayah Polres Intan Jaya, namun terkendala lokasi sebab hanya dapat dijangkau melalui jalur udara.

“Anggota akan sesegera mungkin mendatangi TKP guna dilakukan olah TKP. Saat ini pilot sudah berhasil diamankan dan dibawa ke Jayapura untuk dilakukan pemeriksaan psikologi,” Kamal menambahkan.

Baca Juga: Paulus Waterpauw: Polda Papua Konsentrasikan Kekuatan di Beberapa Wilayah

Kapen Kogabwilhan III, Kolonel Czi IGN Suriastawa membenarkan insiden pembakar pesawat MAF di Intan Jaya.

Ia menilai kejadian tersebut sebagai tindak lanjut atas pernyataan yang pernah dikeluarkan KKB dengan mengancam setiap penerbangan sipil yang ada di Papua maupun Papua Barat.

Aksinya dimulai dengan melakukan penembakan terhadap beberapa pesawat sipil, termasuk beberapa hari yang lalu dilakukan penembakan terhadap pesawat helikopter di Kampung Tsinga.

“Kami minta masyarakat tidak mudah terprovokasi oleh keberingasan KKB, tetap tenang dan bantu pemerintah untuk membangun Papua dan Papua Barat agar bisa maju dan sejahtera,” tuturnya.

Kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kampung Pagamba, Distrik Mbiandoga, Kabupaten Intan Jaya, Papua membakar pesawat MAF PK-MAX.

Baca Juga: Kapolda Papua: Kelompok Separatis Papua Rancang Mogok Sipil Nasional

Kombes Pol AM Kamal menyebutkan pesawat dibakar saat mendarat di lapangan terbang perintis Kampung Pagamba.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait