alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Doa Kedua Orang Tua Terbaik

Siswanto Selasa, 22 Desember 2020 | 15:39 WIB

Doa Kedua Orang Tua Terbaik
Ilustrasi berdoa bersama. (Antara)

Doa untuk ibu juga sebaiknya dipanjatkan tidak hanya saat momen Hari Ibu seperti ini saja tapi setiap hari.

SuaraSulsel.id - Momen Hari Ibu jatuh pada Selasa, 22 Desember 2020. Selain memberi ucapan selamat Hari Ibu, kalian juga perlu memanjatkan doa untuk bunda. Bagi Anda yang muslim, simak bacaan doa untuk ibu berikut ini.

Di dalam Al-Qur'an dan hadits, jelas disebutkan tentang perintah untuk menghormati kedua orangtua, terutama Ibu. Salah satu wujud menghormati dan berbakti kepada Ibu adalah dengan membaca doa untuk ibu yang bisa dilakukan setiap hari.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radiyallahu'anhu, Rasulullah pernah ditanya oleh seorang sahabat tentang kepada siapa saja dia harus berbakti. Kemudian Rasulullah menyebut nama Ibu sebanyak tiga kali, sementara ayah hanya satu kali.

BACA JUGA: 40 Ucapan Selamat Hari Ibu 22 Desember

Baca Juga: Selamat Hari Ibu, Beginilah Sejarah Hari Ibu

Bacaan Doa untuk Ibu

Selain doa untuk ibu, bacaan doa ini juga bisa ditujukan untuk bapak. Karena keduanya sama-sama turut andil dalam membesarkan dan mengajarkan ilmu-ilmu yang bermanfaat kepada setiap anaknya. Berikut ini doa untuk ibu dan bapak yang bisa kamu baca:

Rabbighfir l, wa li wlidayya, warham hum kam rabbayn shaghr.

Artinya: "Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah kedua orang tuaku sebagaimana mereka menyayangiku di waktu aku kecil".

Kewajiban Memuliakan Ibu

Baca Juga: Sejarah Hari Ibu di Indonesia

Kewajiban menghormati dan memuliakan orang tua, terutama Ibu merupakan ajaran agama Islam. Pemeliharaan atas kebajikan seperti ini juga merupakan salah satu bentuk bakti kepada Allah SWT. Hal tersebut dapat dilihat di dalam firman Allah berikut ini:

Wa qa rabbuka all ta'bud ill iyyhu wa bil-wlidaini isn, imm yabluganna 'indakal-kibara aaduhum au kilhum fa l taqul lahum uffiw wa l tan-har-hum wa qul lahum qaulang karm

Artinya: "Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia". (QS Al-Isra [17]: 23).

Penyebutan surga di bawah telapak kaki ibu juga benar adanya.

Dikutip dalam buku yang berjudul "Mukjizat Doa dan Air Mata Ibu" oleh Ahmad Sudirman Abbas, suatu hari ada seseorang yang datang menghadap Rasulullah SAW seraya meminta izin untuk ikut andil berjihad bersama beliau. Kemudian beliau bertanya, "Adakah engkau masih mempunyai ibu?" Lalu orang itu menjawab, "Ya, masih". Beliau pun bersabda, "Bersungguh-sungguhlah dalam berbakti kepada ibumu, karena sesungguhnya surga berada di bawah kedua kakinya." (HR An-Nasa'i dan Thabrani).

Ilustrasi gadis kecil di keluarga Muslim (Shutterstock)
Ilustrasi gadis kecil dan ibunya di keluarga Muslim (Shutterstock)

Contoh ucapan selamat Hari Ibu

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk memperingati Hari Ibu. Setelah memberi doa untuk ibu, cara lainnya adalah dengan menyampaikan ucapan selamat hari Ibu. Berikut ini contoh ucapan Hari Ibu 2020 yang bisa dijadikan pilihan:

  1. Terima kasih untuk semua yang telah kau berikan untukku. Aku tau aku tidak akan bisa membalas semua kasih sayangmu sepanjang hidupku. Selamat Hari Ibu 2020, bu.
  2. Bu, jika aku boleh meminta ada satu yang ingin sekali ku pinta yaitu agar Ibu selalu berada di dekatku, selamanya. Selamat Hari Ibu
  3. Selamat Hari Ibu, untuk wanita yang tidurnya tak pernah lebih lama dariku dan doanya tak pernah lebih singkat dari milikku. Terima kasih, Ibu!
  4. Jika engkau bukan ibu yang hebat, tidak mungkin bisa menangani anak nakal sepertiku. Selamat Hari Ibu 2020.
  5. Hanya ingin memastikan, engkau tahu betapa aku mencintai dan menghargaimu, tidak hanya di Hari Ibu tetapi setiap hari.
  6. Bu, aku mencintaimu sepanjang hidupku, tapi aku tidak selalu menghargaimu seperti yang seharusnya. Selamat Hari Ibu.
  7. Kepada pemilik tangan yang selalu mengusap, meredakan hati yang mulai bergejolak, Selamat Hari Ibu 2020!
  8. Selamat Hari Ibu untuk orang yang mengenalku lebih baik daripada diriku sendiri.
  9. Semoga saya selalu merasakan sentuhan hangatmu, ibu. Selamat Hari Ibu.
  10. Tidak ada yang memiliki pengaruh lebih besar dalam hidup saya selain engkau, ibu. Selamat Hari Ibu.

Doa untuk memohon ampunan dosa untuk kedua orang tua

Selain membaca doa untuk ibu, umat Muslim juga dianjurkan membaca doa memohon ampunan dosa untuk orang tua. Berikut ini doa memohon ampunan dosa untuk kedua orang tua:

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiro, waliljamii'il muslimiina walmuslimaati, walmu'miniina wal mu'minaati Al ahyaa'i minhum wal amwaati, wataabi' bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur roohimiin, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil'aliyyil adhiimi.

Artinya, "Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu."

Bacaan doa untuk orang tua juga bisa dibaca diwaktu-waktu lain, bisa dibilang setiap saat. Waktu-waktu mustajab untuk membaca doa ialah setelah selesai shalat lima waktu, selesai salat tahajut, dan selesai shalat dhuha.

Ada banyak hal yang bisa orangtua ajarkan kepada anak-anak tentang nila-nilai Ramadan. (Shutterstock)
doa untuk orang tua - Ilustrasi keluarga muslim. (Shutterstock)

Doa untuk orang tua yang sakit

Allahumma robbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama.

Artinya: “Ya Allah, Rabb Manusia dan alam semesta, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.”

Doa untuk orang tua yang sedang sakit parah

Allahumma ahyini maa kaa natil khayatu khoirolli, watawaf fanni adza kaanat wafaatu khirolli.

Artinya: “Ya Allah, hidupkanlah dia apabila itu lebih baik baginya. Dan matikanlah dia apabila kematian itu lebih baik baginya.”

Doa untuk orang tua yang sudah meninggal

Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’

madkholahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khothoo ya kamaa yunaqqots- tsawbul abyadhu minad danas.

Wa abdilhu daaron khoiron min daarihii wa ahlan khoiron min ahlihii wa zawjan khoiron min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a ‘idzhu min ‘adzaabil qobri wa fitnatihi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah dia. Dan muliakanlah dia di tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan dan dosa seperti baju putih yang bersih dari kotoran.

Dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga-Mu, dan lindungilah dia dari siksa kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.”

Itulah ulasan tentang pentingnya membaca doa untuk ibu. Doa untuk ibu juga sebaiknya dipanjatkan tidak hanya saat momen Hari Ibu seperti ini saja tapi setiap hari.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait