Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sedang Tayang, Film Pengkhianatan G 30 S/PKI

Muhammad Yunus Minggu, 27 September 2020 | 14:05 WIB

Sedang Tayang, Film Pengkhianatan G 30  S/PKI
Cuplikan Fim G 30 S/PKI yang tayang di SCTV, Minggu 27 September 2020 / Foto : Istimewa

Film pengkhianatan G30 SPKI sedang tayang di Stasiun TV SCTV

SuaraSulsel.id - Film pengkhianatan G30 SPKI sedang tayang di Stasiun TV SCTV. Film yang dibuat tahun 1984 ini, dibuat oleh Arifin C Noer dan G Dwipayana.

Film tayang Minggu 27 September 2020 sejak Pukul 13.00 WIB atau 14.00 Wita. Dalam program layar lebar SCTV akhir pekan.

Sebelumnya heboh, pernyataan mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo menceritakan kisahnya. Dicopot dari jabatan orang nomor satu di TNI.

Gatot mengungkap alasan dirinya dicopot dari jabatan Panglima TNI karena menginstruksikan jajarannya untuk memutar kembali film Pengkhianatan G30SPKI.

Hal itu menuai banyak tanggapan. Ilham Aidit, putra keempat mendiang Ketua CC PKI DN Aidit ikut angkat bicara ihwal kembali mencuatnya isu kebangkitan PKI.

Ilham Aidit mengaku tak heran ihwal mencuatnya kembali isu kebangkitan PKI. Menurut dia, isu kebangkitan PKI itu memang selalu dikoar-koarkan oleh pihak tertentu setiap tahunnya, khususnya ketika memasuki bulan September.

"Bayangkan sekarang sudah lebih dari 50 tahun itu dibangkit-bangkitkan lagi dan sebagainya. Memang tahun-tahun yang tidak pernah berakhir, buat kami-kami ini tahu bahwa ini nggak akan berakhir. Mungkin reda sedikit karena ada isu lain, tapi kemudian nanti akan muncul lagi, muncul lagi," kata Ilham Aidit saat dihubungi Suara.com, Kamis (24/9/2020).

Ilham Aidit berpendapat, bahwa semua yang terjadi itu bukan tanpa sebab. Dia menilai hal itu ialah dampak dari begitu luar biasanya propaganda rezim orde baru di bawah kepemimpinan Presiden Soeharto yang berkuasa selama 32 tahun.

Salah satu propaganda tersebut, yakni melalui film dokudrama propaganda berjudul “Pengkhianatan G30SPKI” karya Arifin C Noer, yang ketika itu diwajibkan ditonton bagi siswa-siswi di bangku sekolah.

Di mana ketika itu, film Pengkhianatan G30SPKI pada era 80-an hingga 90-an, menjadi modal bagi Presiden Soeharto memberikan penjelasan tentang tragedi 65 versinya sendiri.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait